Oscar Lawalata Jadi Perempuan, Ibunda Cerita Masa-masa Galau

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 13 Agu 2020 21:31 WIB
desainer Oscar Lawalata, Denny Wirawan dan Edward Hutabarat
Oscar Lawalata putuskan jadi perempuan Foto: Hestianingsih/Wolipop
Jakarta -

Oscar Lawalata memutuskan untuk menjadi perempuan. Sang ibu, Reggy Lawalata, pun berapi-api menceritakan jalan hidup sang anak.

Reggy Lawalata bicara panjang lewat Channel YouTube The Lawalatas. Dalam video tersebut, ia mengaku tahu benar Oscar Lawalata harus begitu berat menjalani kehidupannya.

"Maukah mereka dilahirkan seperti itu? Saya juga yang mengandung kalau ditanya mau melahirkan? Saya juga pengin punya anak yang normal, of course," ungkapnya.

Reggy mengungkap bagaimana sang anak juga bingung. Ia pun terus berusaha untuk menjalin komunikasi terus.

Menurutnya, jangan sampai anaknya itu merasa terbuang. Ia juga tak takut terhadap penilaian orang.

"Dia perlu ibunya, mereka-mereka ini perlu support yang mensupport mereka, rangkul mereka, tanya mereka. Apa yang mereka inginkan?" tutur Reggy.

Reggy sempat terpukul saat Oscar menceritakan tentang hidupnya. Meski akhirnya ia menerima, karena Reggy yakin Oscar bakal lebih bertanggung jawab terhadap hidupnya.

"Karena kita memberikan kebebasan, rasa dia, keinginan dia yang di dalam kehidupan kegalauan mereka bertahun-tahun juga," tuturnya.

"Jangan dipikir mereka nggak galau loh. Bukan hanya kita saja yang melihat begini. Mereka jauh beribu-ribu kali galaunnya, bisa mereka nanngis sendiri, apa sendiri. Saya nggak tahu, cuma Oscar saja nggak bercerita, tapi saya yakin dia penuh dengan air mata."

Reggy sempat mengatakan kepada anaknya untuk melakukan kegiatan seperti anak laki-laki kebanyakan. Karate dan bermain basket menjadi salah satu yang diusulkan Reggy Lawalata kala itu.

"Ya saya suruh dia karate, kadang-kadang saya suruh dia ikut Mario basket dan aku juga suruh dia jadi model aneka waktu itu. Saya arahkan pada waktu itu karena saat itu dia masih SMP," kata Reggy.

Sejak SMP, Oscar memang bikin Reggy khawatir. Terlebih ketika mendengar pengakuan Oscar yang ingin menjadi seorang perempuan.



Simak Video "Jadi Transgender, Oscar Lawalata Sudah Operasi Kelamin?"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/mau)