Ditinggal Omas, Mastur Ingat Terus Petuahnya

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 17:41 WIB
Mastur dan putranya, Ahmad Saiful saat ditemui di Studio Trans TV.
Mastur ingat terus petuah Omas. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Belum lama ini komedian Omas meninggal dunia lantaran mengidap sakit komplikasi. Kepergian Omas meninggalkan rasa sedih bagi saudara kandungnya, Mastur dan Mandra.

Setelah beberapa minggu kepergian Omas, Mastur mengaku masih selalu merasa kehadirannya di rumah. Mastur merasa Omas masih ada hingga saat ini.

"Ya tetep ya masih keingetan terus ya karena ini juga masih baru, ibaratnya masih merah ya kalau orang Betawi bilang, tanahnya masih merah," ujar Mastur saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (14/8/2020).

"Ya tetep saya masih teringat. Ya masih keingetan gitu. Perasaan tuh dia kayak masih ada aja gitu. Jujur saya perasaannya kayak dia masih ada aja kalau saya ke rumahnya. Padahal ya memang udah nggak ada gitu," lanjutnya lagi.

Selain itu, petuah-petuah dari mendiang kakaknya masih terus diingat Mastur. Ia juga menjadikan petuah tersebut sebagai jati dirinya dalam menjalani pekerjaan di dunia hiburan Tanah Air sedari dulu.

Petuah-petuah Omas tak luput dari menjaga dan melestarikan kebudayaannya sebagai orang Betawi. Omas meminta agar semua anggota keluarganya tetap tunduk dan ramah dengan orang lain meski sudah terkenal.

"Kadang-kadang ya pokoknya inget selalu apa yang sering dia omongin, apa yang sering dia nasehatin sama saya. Intinya kita sebagai seorang seniman Betawi harus bener-bener menjaga kebudayaan Betawi. Begitu kata dia. Karena kita dasar dari nenek kakek orang Betawi. Kita harus jaga kesenian dan kebudayaan Betawi," papar Mastur.

"Kedua kita jangan merasa cukup ya. Ketiga kita harus bener-bener melestarikan budaya itu jangan tanggung-tanggung. Jadi itu yang saya inget omongan dia. Terus jangan sombong sama orang," sambungnya.

Bukan hanya untuknya sendiri, Mastur juga turut menerapkan pesan Omas kepada anaknya yang sudah melangkah di dunia hiburan. Ia meminta agar sang anak tidak angkuh dan sombong jika sudah terkenal.

"Jadi saya tanamkan itu ke anak-anak saya. Anak-anak kita semua ya namanya orang Betawi, orang pinggiran. Kita harus bener-bener menjaga kebudayaan Betawi harus bener-bener ya dari dulu dari nenek kakek ya. Nah kita begini-begini alhamdulillah bersyukur ya. Jadi sekarang pun ke anak saya kalau udah dikenal jangan sombong, jangan angkuh gitu. Kita harus inget dasarnya," papar Mastur.

Sebelum jatuh sakit, Omas juga disebut sempat menitipkan anak-anaknya pada Mastur. Mastur diminta untuk memperhatikan anak-anaknya di dunia hiburan.

"Nah sempat mesan 'ajarin ponakan lu, ajarin' termasuk anaknya dia (Omas). Ya karena emang anaknya dia itu kayaknya nurunin gitu ya di dunia seninya. Jadi 'tolong lu ajarin tolong lu awasin'. Gitu doang semasa waktu dia belum sakit," kata Mastur.

"Jadi mau gimana pun saya tetep keingetan karena kan belum 40 hari ini. Baru 14 hari, jadi perasaan saya itu kayak masih ada aja gitu di rumah," tutupnya.

(pig/nu2)