7 Poin Klarifikasi YouTuber Turah Parthayana soal Tudingan Predator Seks

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 11 Agu 2020 18:06 WIB
Anastasia Savchenko, teman Turah Parthayana di Rusia.
Turah Parthayana dituduh melakukan pelecehan seksual (Foto: Turah Parthayana/Instagram)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, YouTuber Turah Parthayana jadi trending topic karena tudingan pelecehan seks. Turah akhirnya angkat bicara dan membuat klarifikasi soal tuduhan tersebut.

Masalah tudingan pelecehan seks dan predator seks berawal dari pengakuan teman perempuannya di Rusia berinisial JA. JA membuat pengakuan dalam akun @sandi_sa119, yang merasa dilecehkan oleh JA saat menonton film horor.

Berikut adalah poin-poin klarifikasi Turah Parthayana soal tudingan tersebut:

1. Siapa yang Mengajak Duluan Nonton Film Horor

Mendengar pengakuan JA yang terekam dalam audio di cuitan akun @sandi_sa119, Turah merasa dirinya sangat dipojokkan. Dia merasa seolah-olah dirinyalah yang mengajak duluan dan ngebet nonton bareng.

"Dari kronologi satu ini, JA mengatakan bahwa aku yang ajak duluan untuk menonton film horor, bareng sama Danny. Padahal aku punya chat DM dari JA, dia yang ajak duluan," tegas Turah di channel YouTubenya yang dilihat Selasa (11/8/2020).

Turah pun memperlihatkan chat DM dari JA kepada dirinya. Dia menyertakan screenshot chat DM dengan JA. Turah pun membacakan isi pesan tersebut.

"Mau nonton film nggak?" ucap Turah membacakan DM dari JA. "Emang di mana?". "Kamar gue kosong. Tanyain Danny tuh, film kemarin." pesan JA yang dibacakan Turah.

"Jadi ya kita memang saling ngajak, bukan akunya yang benar-benar ngebet banget, nggak ada kayak gitu," ungkapnya.

"Yang ngajak duluan untuk nonton film horor itu masih nggak tahu siapa gitu lo. Kemungkinan JA, kemungkinan aku, kemudian Novan atau Danny gitu lo. Karena memang kita saling ngajak aja. Tapi dari statement-nya si JA itu benar-benar aku banget yang ngajak, itu sudah salah besar banget," tegas Turah.

2. Tanggapan Turah Dianggap Bohong Sudah Chat Danny

Dalam pengakuannya, JA merasa heran ketika sampai di kamar Danny, hanya ada Turah. Padahal seharusnya ada teman mereka yang bernama Danny.

Ketika dia duduk di kasur, JA mengaku diminta Turah duduk di dekatnya yang sedang mengedit video. Saat duduk di dekat Turah, JA mengaku pelecehan mulai terjadi.

"Yang J bilang benar aku sudah chat Danny juga. Sebenarnya kita nonton nggak bertiga, tapi berempat sama Novan. Aku bisa buktiin dari fotonya. Aku punya grup Trio Macan di mana isinya Danny, Novan, sama aku. Aku udah nawarin nonton bareng," aku Turah.

Turah kembali memberikan bukti chat, di mana dirinya mengajak Danny dan Novan ikutan gabung. Sayang, tidak ada respons di chat tersebut. Turah juga mengaku sudah menghubungi Novan dan Danny, tapi tak ada respons.

"Kenapa aku dibilang bohong? Sedihnya juga, Danny ngerasa nggak dihubungi. Sama aku dia bilang, 'Oh iya, Bang, sorry kelupaan.' Danny mengatakan ke teman-teman lain nggak ada dihubungi sama Turah," ungkapnya.

3. Akui Sempat Down Tak Bisa Bantah Semua Pengakuan JA

"Di kronologi satu kan udah dibilangin katanya tanganku udah main. Dari pihak JA katanya aku udah mulai di kronologi 1 atau 2? Kita nggak bisa membenarkan dari pendapat JA dan aku juga. Di sana nggak ada bukti," kata Turah.

Setelah cerita JA di akun Twitter @sandi_sa119 viral, Turah memang memilih diam dahulu. Dia yakin tak bisa begitu saja membantah karena sudah termakan oleh cerita JA.

Turah mengaku down dengan tudingan predator seks.

"Aku sempat down, berusaha menghibur diri. Aku tahu tidak bisa membantah semua kronologi dari pihak JA. Kalian juga udah denger dari Twitter. Kalau aku punya bukti, aku tunjukin. Aku agak sedih disebut predator seks, aku juga sedih disebut lecehkan tidak hanya satu orang doang," aku Turah.

4. JA Masih Happy dan Bikin IG Stories Usai Nonton

Turah sempat bingung mengapa acara nonton bareng film horor itu jadi tudingan predator seks dan pelecehan seksual untuknya. Turah mengatakan, saat menonton, JA masih membuat IG Stories dan terlihat baik-baik saja.

"Nonton film pertama terus break, film kedua, akhirnya dia bilang, 'Minggu depan nonton film lagi yuk, seru anjir'. Dari break juga bikin Story (Instagram), dan happy-happy saja selama nonton film horor. Tidak merasa takut atau bagaimana," ucap Turah.

5. Merasa Akun @sandi_sa119 Jadi Provokator

Pada salah satu pengakuan JA yang mengatakan ayah Turah ingin menuntutnya, pemilik akun @sandi_sa119 dinilai justru sangat memprovokasi.

"Kenapa Anda menjadi provokator sekali bapak? Seharusnya jadi perantara. Jadi keliatan banget (akun bernama) Libur Panjang atau @sandi_sa119 ini memprovokasi kayak hanya dari satu belah pihak doang yang di-support," ungkap Turah.

Turah pun berencana akan melaporkan akun @sandi_sa119 ke polisi.

"Untuk Saudara Sandi, apa motivasi Saudara buat posting-an di Twitter? Dengan pernyataan Saudara yang sudah memfitnah penuh provokasi dan juga posting-an tersebut merugikan saya pribadi," tegasnya.

"Karena tidak ada iktikad baik dan malah meneruskan tweet sampai meluas, seperti predator seks, pelecehan kepada banyak korban tanpa bukti jelas. Maka dari itu, saya, Turah Parthayana, akan mengambil langkah hukum dan melaporkan Saudara Sandi ke pihak kepolisian," beber Turah.

Selanjutnya
Halaman
1 2