Pelecehan Seksual

Hal-Hal Pemicu Pelecehan Seksual pada Artis

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 08 Agu 2020 12:45 WIB
Rude man accosting to young female at crowded street
Foto: Getty Images/iStockphoto/JackF
Jakarta -

Kasus pelecehan seksual pada artis kian menjadi sorotan. Rupanya tak semua artis menjadi korban dari kasus tersebut.

Salah satu YouTuber Tanah Air, Turah Parthayana kini tengah menjadi perbincangan lantaran kasus pelecehannya dibongkar oleh salah satu akun di Twitter.

Pelecehan tersebut memang sudah berlalu sejak November 2019. Turah juga mengakui kesalahannya yang saat itu memberikan tiga kali sentuhan seksual pada teman kuliahnya di Rusia.

Melengkapi informasi terkait pelecehan seksual, detikcom sempat berbincang bersama Kasandra Putranto yang merupakan seorang psikolog.

Beberapa poin pemicu adanya tindakan pelecehan seksual dari diri seseorang pun disebutkan Kasandra.

"Banyak hal, pada kasus lain umumnya karena kekuasaan yang tidak seimbang antara pelaku dan korban," ujar Kasandra pada detikcom.

"Kedua dorongan yang tinggi pada pelaku, ciri khas korban yang gagal mengantisipasi, adanya kesempatan karena situasi tertentu," lanjutnya.

Namun terkait dengan pelecehan seksual yang terjadi di kalangan publik figur saat ini, belum dapat diketahui penyebab pastinya.

"Pada kasus ini belum dapat diketahui," sambung Kasandra.

Lebih lanjut, kasus pelecehan seksual yang terjadi pada publik figur memang lebih disorot. Hal itu lantaran mereka dianggap sebagai contoh untuk masyarakat sekitar.

Namun dampak yang terjadi di setiap kalangan yang pernah menjadi korban atau pelaku pelecehan tetaplah sama. Hanya saja bagi publik figur ada beban tersendiri lantaran kasusnya kerap dipublikasikan.

"Menurut saya sih, publik figur atau bukan, dampak akan sama. Justru jika publik figur ada semacam tuntutan yang lebih berat dari masyarakat untuk memberi contoh," jelasnya.

"Kasus Gilang mengaku fetish misalnya. Bukan publik figur tetap viral," tutup Kasandra.



Simak Video "Bejat! Buruh di Subang Berkali-kali Sodomi Dua Bocah Tetangganya"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)