Pelecehan Seksual

Marak Kasus Pelecehan Seksual di Kalangan Artis, Indikasi Gangguan Psikis?

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 08 Agu 2020 12:15 WIB
Teknologi Realitas Virtual Persiapkan Perempuan Hadapi Pelecehan Seksual
Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Kasus pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja. Beberapa artis belakangan ini mengaku sempat mengalami pelecehan seksual.

Seperti halnya yang dirasakan Aurel Hermansyah hingga Soraya Larasati. Pemberitaan itu kemudian disorot publik lantaran kejadian itu banyak dirasakan publik figur.

Rupanya kalangan artis tak hanya menjadi korban saja, YouTuber Turah Parthayana justru pernah melakukan pelecehan seksual saat tengah menjalani masa kuliahnya di Rusia.

Kasus tersebut terjadi pada November 2019. Namun seorang pengguna Twitter belum lama ini mengungkap insiden yang terjadi pada salah satu korban Turah Parthayana.

Kabar ini tentunya sangat membuat publik geram. Apalagi Turah merupakan salah satu YouTuber dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit.

Terkait kasus pelecehan seksual di kalangan publik figur ini, detikcom mencoba mencari tahu keadaan psikis dari pelaku lewat Kasandra Putranto yang merupakan seorang psikolog.

Bagi Kasandra, keadaan psikis dari pelaku tidak bisa langsung disimpulkan. Mereka butuh pemeriksaan terkait libido (gairah seksual) atau bahkan indikasi lain.

"Sulit untuk disimpulkan karena harus ada pemeriksaan. Apakah hanya terbatas dorongan libido tinggi yang tidak diiringi kendali diri dan kapasitas pengambilan keputusan yang tepat, atau ada indikasi lain," ujar Kasandra pada detikcom.

Bagi Kasandra, kasus pelecehan di kalangan artis sedari dulu emang sering terjadi. Namun pada saat itu tak ada wadah untuk mempublikasikan keresahan mereka.

Saat ini dengan medium yang memadai, kasus-kasus seperti ini semakin sering dijumpai. Hal itu karena publik sudah dapat lebih mudah mendapatkan informasi dari berbagai medium sehingga permasalahan itu lebih sering terdengar.

"Saya rasa bukan soal belakangan, sejak dulu sudah ada, hanya saja sekarang lebih mudah dilaporkan dengan adanya teknologi," ungkap Kasandra



Simak Video "Bejat! Buruh di Subang Berkali-kali Sodomi Dua Bocah Tetangganya"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)