Ajip Rosidi-Nani Wijaya: Cinta Bersemi di Usia Senja Dipisahkan Ajal

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 30 Jul 2020 11:19 WIB
Nani Wijaya
Ajip Rosidi dan Nani Wijaya baru menikah selama tiga tahun lamanya Foto: Noel/detikhot
Jakarta -

Meninggalnya Ajip Rosidi tentu menjadi kesedihan mendalam untuk Nani Wijaya. Pernikahan mereka yang baru berjalan 3 tahun harus dipisahkan karena takdir Tuhan.

16 April 2017 jadi hari bahagia untuk Ajip Rosidi dan Nani Wijaya. Keduanya sah menjadi suami istri di hadapan Sultan Sepuh XIV, Arif Natadiningrat yang menjadi saksi pernikahan pasangan senja itu.

Masjid Kasepuhan Cirebon menjadi saksi bisu ijab kabul Ajip Rosidi dan Nani Wijaya. Kala itu, keduanya menikah dalam usia senja, Ajip Rosidi berusia 79 tahun dan Nani Wijaya berusia 73 tahun.

Kisah cinta mereka pun berawal saat Ajip Rosidi sakit. Salah satu sahabat Nani Wijaya yang tergabung dalam Golden Girls, Connie Sutedja, menceritakan bagaimana awal mula Nani Wijaya jatuh hati pada Ajip Rosidi.

"Dia kasihan. Nengokin sebagai sahabat saja. Terus dari kasihan, sayang, timbul cinta, dan Ajip sadari itu dan dia bilang Nani perhatian ya," cerita Conny Sutedja saat itu.

Ajip Rosidi Butuh Pendamping, Nani Wijaya Cari Teman Hidup

Ajip Rosidi mengungkapkan dirinya sudah ditinggal meninggal lebih dulu oleh sang istri tiga tahun sebelum menikahi Nani Wijaya. Di usia kepala tujuh, Ajip mengakui butuh pendamping.

"Saya ditinggal istri saya tiga tahun lalu. Dan saya merasa setelah sekian tahun saya merasa memerlukan pendamping. Dan saya kira pendamping yang tepat itu Nani," ungkap Ajip Rosidi.

Nani WijayaAjip Rosidi dan Nani Wijaya menikah pada 2017 Foto: Noel/detikhot

Sedangkan Nani Wijaya diungkapkan oleh sang anak, Cahya Kamila, bersedia menikah lagi juga untuk mencari teman hidup. Sama-sama sudah berusia 70 tahun lebih, Ajip Rosidi dan Nani Wijaya punya tujuan yang sama untuk menikah.

"Tujuan menikah ini adalah menjadi teman hidup, teman ngobrol gitu saja. Pernikahan di usia senja kayak gini sudah tujuannya bukan untuk mendapatkan momongan lagi, ya tapi kita nggak ada yang tahu ya," cerita Cahya Kamila.

Nani Wijaya Setia Dampingi Ajip Rosidi yang Sakit

Setelah menikah, pada September 2017, Ajip Rosidi sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ajip Rosidi kala itu mengungkapkan dirinya terkena serangan jantung.

Nani Wijaya pun setia mendampingi Ajip Rosidi. Nani Wijaya lebih menutup diri menceritakan kondisi sang suami. Sebagai istri, Nani Wijaya hanya memohon doa agar sang suami kembali membaik.

Kini, di usia 83 tahun, Ajip Rosidi kembali dilarikan ke RSUD Tidar Kota Magelang. Salah satu putra Ajip Rosidi, Nundang Rundagi juga menceritakan dirinya saat itu mendengar teriakan Nani Wijaya.

Nani WijayaAjip Rosidi dan Nani Wijaya menikah pada 2017 Foto: Mauludi/detikhot

"Awalnya jatuh tanggal 12 Juli di rumah. Dia (bapak) mau ke tempat biasa mengetik, dia jatuh. Saya kurang tahu karena tengah malam, Ibu Nani Wijaya berteriak. Begitu saya datang, bapak sudah jatuh, tapi sudah biru semua, lebam," kata Nundang saat ditemui di RSUD Tidar Kota Magelang.

Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang sejak 23 Juli 2020, Ajip Rosidi meninggal dunia pada 29 Juli 2020. Ajip meninggal setelah operasi.

Ajip Rosidi meninggalkan Nani Wijaya karena takdir Tuhan. Jenazah sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi akan dilangsungkan pukul 11.00 WIB.

Selain Nani Wijaya, Ajip Rosidi juga meninggalkan enam anak, sebelas cucu, dan empat cicit.

Selamat jalan Ajip Rosidi...



Simak Video "Prosesi Pemakaman Ajip Rosidi Dihadiri Banyak Pelayat"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/tia)