Royalti El Ibnu Vokalis Elkasih Band Akan Diperjuangkan

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 25 Jul 2020 14:32 WIB
el ibnu vikalis elkasih
Royalti El Ibnu akan diperjuangkan. Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Kehidupan El Ibnu yang merupakan vokalis Elkasih band, sekarang begitu pilu usai terserang stroke. El Ibnu lumpuh tak berdaya hingga akhirnya ditinggal istri tercinta.

Ditambah lagi, label musiknya dulu yang bernama Intitek Virtulindo Mandiri, diduga menipu El Ibnu dan kawan-kawannya. El Ibnu dan Elkasih pun tidak mendapatkan royalty sama sekali dari lagu-lagu yang dibuatnya tersebut.

Lantaran hal tersebut, kehidupan vokalis band Elkasih, El Ibnu menjadi perhatian publik. Ruri Repvblik dan Kiki The Potters pun ikut memberikan perhatian dengan langsung mendatangi El Ibnu di Pantai Jompo Pniel.

Ruri Repvblik dan Kiki The Potters bermaksud memberikan dukungan langsung kepada El Ibnu. Mereka berharap kehadirannya bisa bermanfaat untuk El Ibnu yang mereka anggap sebagai rekan sesama musisi.

"Yang pasti kunjungan yang kedua kali ini untuk memberikan suport kepada Nino dan menyampaikan kepadanya bahwa banyak teman-teman di luar sana yang bakal bantu Nino, seperti mengcover lagu tapi secara teknis kita lihat ke depannya. Yang pasti teman-teman sudah mau mensupport Nino," ujar Ruri Repvblik saat ditemui di Panti Jompo Pniel, kawasan Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (25/7/2020).

Ruri Repvblik dan Kiki The Potters pun membawa seorang pengacara saat bertandang ke sana. Mereka bermaksud untuk membantu El Ibnu dalam menyelesaikan masalahnya dengan label terkait royalty yang tak pernah didapatkannya.

"Kebetulan saya kan kemarin nonton tayangan kan, saya dan Ruri ini seniman, musisi dan saya turut prihatin juga melihat Bang Nino lagunya itu dulu sudah ngetop banget sebelum adanya The Potters. Saya kaget juga pas nonton tayangan tidak ada pembayaran royalty menurut versi bang Nino," kata Kiki The Potters.

"Makanya saya berinisiatif bersama Ruri untuk memberikan bantuan hukum kepada bang Nino menanyakan ke labelnya, 'apa sih selama ini reportnya dari penjualan lagunya satu rupiah pun belum ada' dan ini salah satu bentuk kepedualian kami memperjuangkan agar nanti bisa membantu bang Nino untuk pengobatannya, keperluan hidupnya karena dia kan di panti dan saya bawa pengacara ke sini untuk nanti bagaimana teknisnya akan dibicarakan bang Wira sama anak bandnnya," beber Kiki The Potters.

Tak hanya itu, Ruri Repvblik dan Kiki The Potters juga berencana ingin mendaur ulang single Elkasih yang berjudul Kau 3kan Cinta yang sempat meledak pada tahun 2008. Nantinya, hasil dari penjualan atau royalty dari lagu tersebut akan diberikan 100 persen untuk El Ibnu.

"Rencananya seperti itu, tapi nanti kita tanya dulu publishingnya dan juga segala macam. Karena lagu Elkasih, Kau 3Kan Cinta ini bukan lagu yang biasa, sempat booming banget. Banyak orang yang tahu dengan lagu itu dan kalau memang rencana kita untuk merecycle lagu itu terealisasi itu akan menjadi hak Nino dan akan kita kasih ke Nino," tutur Ruri Repvblik.

Makanya kita memberikan bantuan hukum dan sekalian menanyakan pendapatan bang Nino selama 15 tahun ke belakang ini berapa dan ini karena karya bang Nino kami juga maunya menjual di digital platform. Jadi kalau ada royalty masuknya ke bang Nino sebagai pencipta lagu dan ada manfaat ekonominya buat bang Nino," timpal Kiki The Potters.



Simak Video "Cerita Pilu Vokalis Elkasih, Idap Stroke Berujung Ditinggal Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)