Omas Meninggal Dunia, Jarwo Kwat Kehilangan Figur Lenong Wanita

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sabtu, 18 Jul 2020 15:15 WIB
Omas meninggal dunia
Foto: dok. Twitter Gading Marten
Jakarta -

Komedian Jarwo Kwat masih merasa kehilangan Omas Wati yang meninggal pada Kamis (16/7/2020) malam. Jarwo Kwat merasa dunia lawak Indonesia telah kehilangan sosok pemain Lenong perempuan.

"Kita sesama satu profesi, dengan perginya Mpok Omas kita kehilangan satu figur pemain lenong wanita. Ini udah jarang lagi, dan berkurang kan. Tinggal Mpok Tonah dan beberapa lagi," kata Jarwo Kwat di sesi pemakaman Omas, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (17/7/2020).

Memang bukan Jarwo saja yang kehilangan sosok Omas yang meninggal karena sakit. Berkurangnya seniman Betawi perempuan juga dirasakan pula oleh rekan-rekannya yang lain.

"Saya dapat kabar duka langsung saya share ke media sosial. Pas di-share banyak yang merasa kehilangan dan berduka sosok komedian besar seni Betawi," imbuhnya.

Jarwo juga tak ragu menyebut Omas adalah legenda dunia lawak Indonesia. Terutama dia yang sosoknya sangat fokus pada seni lawak Betawi.

"Iya. Dia salah satu legenda lawak indonesia wanita yang fokus di lawak Betawi," katanya.

Jarwo Kwat sangat mengapresiasi bagaimana Omas sepanjang hidupnya tidak pernah setengah-setengah dalam usahanya melestarikan Lenong Betawi. Omas sangat totalitas sehingga itulah salah satu alasan namanya besar di dunia lawak dan diterima oleh masyarakat.

"Dedikasi dan baktinya di industri komedi khususnya komedi Betawi Lenong, totalitasnya ketika dipanggung, waduh luar biasa. Istilahnhya sangat menghibur dan diterima semua masyarakat, nggak hanya kalangan Betawi," pungkasnya.

Omas Wati meninggal karena sakit. Rekan terdekatnya menyebut bahwa selama beberapa waktu terakhir, Omas telah menyembunyikan sakitnya. Sepanjang hidupnya Omas telah banyak main di sederet sinetron di layar kaca. Salah satunya Si Doel Anak Sekolahan dan Yang Muda Yang Bercinta.

(fbr/aay)