detikHot

celeb

Ahok Rasakan Kebebasan Usai Maafkan Veronica Tan dan Lepas Harta Dunia

Senin, 06 Jul 2020 12:12 WIB Tim detikcom - detikHot
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Ahok merasa bebas bisa memaafkan Veronica Tan Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Basuki Tjahaja Purnama menuliskan semua yang dialaminya dalam buku selama dirinya berada di Mako Brimob. Termasuk soal rumah tangganya dan perselingkuhan Veronica Tan.

Perceraian pria yang akrab disapa Ahok atau BTP itu, memang jadi sorotan tersendiri. Sang istri, Veronica Tan disebut memiliki 'good friend' yang akhirnya membuat Ahok memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai.

Dalam channel YouTube-nya, Daniel Mananta mempertanyakan bagaimana Ahok bisa memaafkan kejadian Veronica Tan dengan 'good friend'.

"Iya itu yang saya katakan, saya bersyukur sebelum proses ini, saya baca Mazmur, 'Orang yang makan semeja roti dengan kita, mengangkat tumit terhadap kita'. Kenapa waktu di dalam Mako ditelepon terus di maki-maki lagi dari mereka, begitu saya terima?" kata Ahok dalam perbincangannya di channel YouTube Daniel Mananta.

"Saya sudah belajar di dalam (penjara) ketika orang marahin kamu, kamu marah balik, kamu yang kena kalah. Lebih baik kamu ada damai sejahtera," sambungnya.

Setelah berusaha untuk mempertahankan rumah tangga dengan Veronica Tan, Ahok mengatakan tetap melakukan hal yang menjadi kewajibannya sebagai suami. Meskipun tahu apa yang sudah terjadi dengan Veronica Tan dan 'good friend'-nya, Ahok berusaha menghormati sang mantan istri.

"Sekarang yang jadi masalah apa? Harta semua kasih ke anak-anak, dia masih tinggal sama anak-anak. Semua rumah, sudah nyerong pun saya beli rumah di Pantai Mutiara pun masih nama dia (Veronica Tan) juga. Kenapa saya masih kasih nama dia? Apartemen, sudah tahu dia ada teman baik lagi. Karena saya mau memenangkan dia kembali (saat itu)," beber Ahok.

"Orang lihatnya saya g*bl*k, orang saat itu sudah simpan-simpan harta dong, saya tidak. Makanya saya belajar ketika saya melepaskan harta dunia, melepaskan pengampunan, kamu free. Makannya aku sekarang lebih sehat dari pada dulu. Ketika kamu mengampuni orang mengikuti Tuhan," imbuhnya.

Sebagai seorang pria, Daniel Mananta mengatakan saat posisinya ada di Ahok belum tentu dirinya mampu memaafkan kesalahan Veronica Tan dan 'good friend'-nya.

Ahok menjawab pertanyaan Daniel Mananta dengan bijak. Menurutnya, membenci seseorang hanya akan membuat kesehatan tubuh tidak membaik.

"Saya katakan nggak ada guna kita lakukan seperti itu, kita benci sama orang, hanya akan merusak tubuh kita. Dari situ saya mengerti, Tuhan mengajari kita untuk mengampuni musuh-musuh kita sekalipun karena itu akan membuat jiwa dan tulang kita semua jadi sehat," tukas Ahok.




Simak Video "Ahok Blak-blakan soal Perselingkuhan Veronica Tan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com