Derry Sulaiman Soroti Fatwa MUI tentang Salat di Rumah karena Corona

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 18 Mar 2020 14:20 WIB
Derry Sulaiman
Foto: Derry Sulaiman (Vey/detikHOT)
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa untuk sebaiknya beribadah di rumah saat virus Corona mewabah. Akan tetapi, tak semua langsung setuju, seperti Derry Sulaiman.

Derry Sulaiman memberikan kritik soal efek yang bakal terjadi terkait fatwa tersebut. Menurutnya di zaman sekarang banyak orang yang malas ke masjid, terlebih adanya fatwa tersebut.

"Orang Islam nggak usah difatwain, semua sudah salat di rumah. Disuruh jaga masjid aja dulu, nggak mau. Kita harus banyak-banyak istighfar," ucap Derry Sulaiman kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya saat ini, jalanan di Ibu Kota saja masih macet dan kesibukan terjadi seperti biasanya. Justru orang-orang yang jauh dari media sosial dan jarang nonton televisi hidupnya jauh lebih tenang.

"Macet juga masih ada di mana-mana. Orang yang tidak punya sosmed, nonton tv, hidupnya tenang," tuturnya.

"Alhamdulillah mereka (dengan mengeluarkan fatwa) mau jaga, tapi jangan berlebihanlah. Masa salat jarak satu meter itu kan sunah Nabi harus rapat. Kalau yang nggak takut, silakan ke masjid," tegasnya.

Terlalu berlebihan menurut Derry Sulaiman soal takut salat di masjid. Apalagi sampai saat ini, tak ada kabar orang meninggal karena terkena Corona setelah selesai salat di masjid.

"Kecuali sudah ada satu, dua, tiga orang mati pas salat jamaah. Kita takut sesuatu yang belum tentu datang. Sama kematian malah mereka nggak ada (takutnya)," pungkasnya.



Simak Video "Sambut Fatwa MUI, Aa Gym: Salat di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)