Banyak Muncul Kerajaan Baru, Presiden Jancukers Sudah Lebih Dulu Eksis

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 08 Mar 2020 21:00 WIB
Sujiwo Tejo saat ditemui di kawasan Karawang.
Sujiwo Tejo (Foto: Rifkianto Nugroho/detikFoto)
Jakarta -

Kerajaan-kerajaan baru muncul di Indonesia, kehadiran mereka lantas dipermasalahkan. Padahal, ada sosok Sujiwo Tejo yang lebih dulu eksis dan menyebut dirinya Presiden Jancukers.

Apa sih awal mula munculnya sebutan Presiden Jancukers?

"Aku nggak tahu riwayatnya gimana, yang jelas aku bikin Twitter itu, ada bukunya di 2010 bulan September tanggal 4, kalau nggak salah. Waktu itu, aku lagi di Bandung, lagi duduk-duduk, udah ada Blackberry, belum ada iPhone, Android. Terus ada anak Surabaya bilang, 'Cak, sekarang musimnya Twitter, nggak mau bikin?' Aku nggak ngerti kayak gitu, kataku. Terus akhirnya dibikinin," kisahnya kepada detikcom.

"Aku bingung, terus aku tulis 'jancuk'. Ternyata responsnya banyak, ternyata dua hari udah 10 ribuan. Nah mungkin karena itu banyak pengikutnya sekarang," sambung Sujiwo Tejo.

Sujiwo Tejo / Sujiwo Tejo / Foto: Rifkianto Nugroho/detikFoto

Sujiwo Tejo kini memiliki follower 1,7 juta di Twitter. Ia juga mengaku pernah mengumpulkan mereka saat membuat video klip.

"Terus aku cuma nyediain makan Padang aja. Itu aja ngumpul. Tapi kalau acara-acara kampus, di pesatnren-pesantren, biasanya 50 persen jancukers di kota itu. Mereka bikin kaus, terus nulis di bak-bak truk, di tembok-tembok, itu kegiatannya," tutur Sujiwo Tejo.

Aktor yang juga seniman serba bisa itu juga bicara soal kerajaan-kerajaan baru yang muncul di Indonesia. Ternyata, ia sempat 'disenggol' di Twitter mengenai fenomena tersebut.

"Banyak ketika kerajaan-kerajaan itu diungkap, di Twitter banyak yang bilang, mestinya Sujiwo Tejo ditangkap juga karena dia Presiden Jancukers. Tapi nggak ditangkap-tangkap, ya karena memang nggak ada. Markasnya di mana, ya nggak ada, pernah ada di Blora atau di mana, pokoknya di Jawa Tengah, mau bikin markas Jancukers itu, cuma aku nggak setuju. Karena Jancukers itu negeri khayalan, jadi jangan sampai ada posko atau apa," ungkapnya.



Simak Video "Sujiwo Tejo dan Segudang Keseniannya"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/imk)