detikHot

Berita Populer

Terkuak Penyebab Meninggal Putri Kembar Irish Bella dan Ammar Zoni

Selasa, 08 Okt 2019 07:11 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Kabar duka datang dari pasangan artis Irish Bella dan Ammar Zoni. Mereka telah kehilangan putri kembarnya.

Penyebab meninggalnya anak kembar Irish dan Ammar pun terkuak. Meninggalnya anak-anak Irish Bella karena adanya plasenta yang lepas atau disebut solusio plasenta. Hal itu disebabkan karena sang aktris mengalami preeklamsia.

"Iya (bayi) meninggal di dalam. Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, solusio. Itu disebabkan preeklamsia yang disebabkan mirror syndrome, itu salah satu penyebab preeklamsia," jelas dokter Gatot Abdurrazak, yang spesialis obstetri dan ginekologi subspesialis fetomaternal di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat.


"Tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi. Plasenta lepas dengan cepat. Untuk kehamilan kembar, plasenta satu tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya TTTS," sambungnya.

TTTS adalah twin to twin transfusion syndrome yang bisa menyebabkan komplikasi ke ibu. Karena itu, Irish Bella mengalami mirror syndrome.


Mirror syndrome ini adalah kondisi janin mengalami hydrops (bengkak seluruh tubuh) yang menyebabkan ibu juga mengalami bengkak seluruh tubuh. Saat itu, tekanan darah Irish Bella tinggi dan mengalami preeklamsia.

"Pas operasi sampai 180/90 tekanan darah Irish Bella," kata Gatot.

(mau/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com