detikHot

d'Happening

Punya 3 Istri, Ustaz Arifin Ilham Biasa Lakukan Kajian saat Kumpul Bersama

Sabtu, 01 Jun 2019 16:40 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Poligami yang dilakukan ustaz Arifin Ilham tak sedikit membuat sebagian orang takjub. Hidup bersama dengan tiga orang istri, Arifin Ilham selalu menunjukkan keluarganya hidup dalam harmonis.

Arifin Ilham menjadi kepala keluarga untuk Yuni Djmaluddin Al-Waly, Rania, dan Ummi Akhtar. Sebagai anak, Alvin Faiz mengakui kepandaian ayahnya memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada tiga istri dan sepuluh anak.

"Membangun keharmonisannya Abi itu sesibuk-sibuknya Abi selalu menyempatkan, ketika masih bugar ya, Abi selalu menyempatkan seminggu sekali itu ada kajian keluarga," ungkap Muhammad Alvin Faiz kepada detikcom di kawasan Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.



Alvin mengenang bagaimana ustaz Arifin Ilham mengumpulkan tiga istrinya dan anak-anaknya dalam satu ruang tamu. Sama seperti saat ini dirinya duduk, ustaz Arifin Ilham juga duduk lesehan dengan diapit Yuni Djamaluddin, Rania, Ummi Akhtar.

"Jadi Abi di sini Abi mimpin kajian ada istri satu, dua, tiga, sama semua anak anaknya. Itu selalu seminggu sekali. Lalu abi mengajarkan nilai-nilai tentang agama terlebih-lebih menekankan ajaran bagaimana kita damai tidak ada konflik karena kita kan mau sedamai-damainya kita, seharmonis-harmonisnya keluarga pasti ada masalah," ceritanya sambil tersenyum.

Punya 3 Istri, Ustaz Arifin Ilham Biasa Lakukan Kajian saat Kumpul BersamaPunya 3 Istri, Ustaz Arifin Ilham Biasa Lakukan Kajian saat Kumpul Bersama Foto: Asep Syaifullah/detikHOT


"Masalah itu selalu ada, kita nggak bisa hindari. Nah, itu cara Abi membuat suasana semakin enak, semakin damai, semakin adem, dengan mengumpulkan semuanya. Lalu di situ tampil sebagai seorang guru, sebagai seorang pemimpin kalau menegaskan," puji Alvin.

Selain itu, Alvin menuturkan dirinya memang sulit bertemu dengan ustaz Arifin Ilham yang sangat sibuk. Sulit untuk Alvin meminta sang ayah tinggal di rumah setiap hari.



Ada kalanya jika dia ingin membicarakan sesuatu hal secara langsung, mau tak mau harus menunggu ustaz Arifin Ilham beberapa hari. Hanya sang bunda, Yuni yang selalu bertemu setiap harinya dan bercengkerama dengan sang ustaz.

"Kita pengin sebenarnya di rumah biar ada waktu, itu alhamdulillah banget kita kalau misalkan bisa kumpul, makan bareng itu sudah bersyukur karena kita ini sulit banget nyari waktu sama Abi ini. Tapi memang Abi ini bukan berarti Abi sibuk tidak meluangkan waktu untuk anak-anaknya, akrab lah kita," aku Alvin.




(pus/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed