detikHot

celeb

Pengacara Ahmad Dhani Laporkan Tiga Hakim PN Jaksel ke Komisi Yudisial

Senin, 18 Feb 2019 17:09 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Ahmad Dhani (Deny Prastyo Utomo) Foto: Ahmad Dhani (Deny Prastyo Utomo)
Jakarta - Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko resmi melaporkan tiga hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ke Komisi Yudisial. Mereka diduga telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim.

Ketiga hakim yang dilaporkan adalah Ratmoho (Hakim Ketua), Akhmad Rosidin dan Harino Patriadi (Hakim Anggota).

"Pada hari ini kami mencoba melakukan suatu upaya hukum lagi terkait kasus Mas Ahmad Dhani soal putusan PN Jakarta selatan terkait amar putusan. Kami melaporkan ketiga majelis hakim, kita laporkan terkait dugaan pelanggaran pasal 196 (KUHAP)," ujar Hendarsam Marantoko saat ditemui di Komisi Yudisial, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).


Dalam pasal 196 ayat 3 berbunyi, segera sesudah putusan pemidanaan diucapkan, bahwa hakim ketua sidang wajib memberitahukan kepada terdakwa tentang segala apa yang menjadi haknya. Yaitu hak menerima atau menolak putusan, hak mempelajari putusan sebelum menyatakan menerima atau menolak putusan, hak minta penangguhan pelaksanaan putusan, hak minta diperiksa perkaranya dalam tingkat banding dan hak mencabut pernyataan sebagaimana dimaksud pada point pertama.

"Hakim berkewajiban memberitahukan hak-hak terdakwa tapi ini tidak diberikan. Hakim sama sekali tidak memberi tahu kepada kami mau banding atau tidak," tutur Hendarsam.

Hendarsam membawa beberapa barang bukti yang bisa menguatkan laporannya. Mulai dari rekamanan, salinan putusan hingga saksi yang hadir di pengadilan.

"Kami ingin menguji tingkat keprofesionalan hakim, menguji tingkat kedisiplinan hakim sesuai prosedur beracara. Apabila pengaduan kami ini ditindak lanjuti, sebagaimana dari Ahmad Dhani, kental dengan unsur politisnya," kata Hendarsam.


Terkait laporan itu, Komisi Yudisial akan mengeluarkan hasilnya paling lambat sekitar 60 hari.

"Responsnya akan secepatnya memproses. Jika sudah dianggap cukup akan secepatnya meregister perkara," pungkasnya.



Simak juga video 'Pihak Ahmad Dhani Ingin Kejelasan soal Penetapan Penahanan':

[Gambas:Video 20detik]


Pengacara Ahmad Dhani Laporkan Tiga Hakim PN Jaksel ke Komisi Yudisial

(hnh/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed