DetikHot

celeb

Soal Kasus Pedofil, Nafa Urbach: Harus Ditanamkan Pendidikan Seksual Sejak Dini

Senin, 21 Ags 2017 21:22 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Soal Kasus Pedofil, Nafa Urbach: Harus Ditanamkan Pendidikan Seksual Sejak Dini Nafa Urbach Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Artis Nafa Urbach tampaknya sangat serius mengusut kasus pedofilia yang menimpa anaknya, Mikhaela Lee Jowono. Ia pun sampai mendatangi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk beraudiensi mengenai masalah tersebut.

Saat beraudiensi dengan KPPPA, pelantun 'Melepasmu Kelemahanku' itu mendapatkan pembicaraan yang sangat penting dan bermanfaat untuk anak-anak Indonesia nantinya, yaitu menanamkan pendidikan seksual sejak dini pada anak agar tidak mudah terjerumus oleh kaum pedofil.

"Pas waktu pembicaraan di atas, sempat diutarakan mengenai pendidikan seksual sejak dini untuk edukasi yang disampaikan guru-guru sekolahan. Ternyata dari kementerian ada ide dari dulu. Tapi masih dianggap tabu sehingga belum terlaksana," ujar Nafa Urbach di kantor KPPPA, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2017).


"Dengan kasus saya, ini bukan hal yang main-mail tapi hal serius dan edukasi harus dilaksanakan. Saya rasa nantinya akan ada edukasi atau list mengenai apa yang dikerjakan, lebih dulu di edukasi, dan lain-lain," sambungnya menjelaskan.


KPPPA sendiri rupanya memiliki konsep perlindungan anak berbasis masyarakat. Namun, agar konsep itu terlaksana, KPPPA butuh bantuan masyarakat untuk bergerak bersama-sama mewujudkan rencana tersebut.

"KPPPA ini punya konsep perlindungan anak berbasis masyarakat. Gimana kita di sini dan artis mewakili, kita harus bergerak bersama-sama melindungi anak-anak," tutur Sekertaris KPPPA, Pribudiarta Nursitepu.

"Ini masalah serius, satu anak mendapatkan kekerasan, sama saja merusak bangsa. Banyak masyarakat yang belum tau mengenai kekerasan terhadap anak. Kasus Nafa membuka sebuah edukasi terhadap masyarakat lainnya," lanjutnya menjelaskan.


Masalah ini bermula saat foto putrinya, Mikhaela Lee Jowono, dikomentari dengan sebutan 'Loli' dalam sebuah artikel berita.
Nafa pun geram sekaligus khawatir dengan komentar tersebut.

Sampai akhirnya, wanita 37 tahun itu melaporkan kasus pedofil tersebut ke Polda Metro Jaya. Dan diterima dengan nomor LP/3932/VIII/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 21 Agustus 2017 dengan pasal 27 (1) Jo 45 (1) UU RI No 19 tahun 2016 tentang ITE yang mengandung tindak perkara yang bermuatan asusila.
(hnh/dar)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed