Alasan Chainsaw Man Jadi Manga Shonen Terpopuler

ADVERTISEMENT

Alasan Chainsaw Man Jadi Manga Shonen Terpopuler

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 06 Jan 2023 16:22 WIB
Anime Chainsaw Man
Foto: Istimewa
Jakarta -

Di Jepang, Chainsaw Man dielu-elukan sebagai manga shonen (komik bagi pembaca pria) terpopuler. Cerita penuh action dan alur tak biasa memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Manga yang diciptakan oleh Tatsuki Fujimoto juga sukses diadaptasi ke versi animasi. Mengapa kisah si manusia gergaji sukses menjadi adaptasi shonen terbaik ketimbang judul populer lainnya?

Tiga manga shonen klasik yakni One Piece karya Eiichiro Oda yang diluncurkan pada 1997. Ada juga manga Naruto ciptaan Masashi Kishimoto yang memulai debut di akhir 1999, dan Bleach karya Tite Kubo resmi terbit pada 2001.

Ketiganya sukses mendominasi pasar manga dan animasi di masanya. Bahkan sampai sekarang manga One Piece menjadi komik terpopuler selama lebih dari dua dekade.

Chainsaw Man muncul setelah tiga manga klasik tersebut. Komiknya mencoba untuk mendekonstruksi elemen penceritaan yang terdiri dari darah kental yang ekstrim, kisah kesengsaraan dan kematian yang suram, dan antihero seperti Denji yang mesum, serta rekannya yang jahat, Power.

Untuk penggemar manga dan anime hari ini, Chainsaw Man adalah terobosan yang menyenangkan dan menyegarkan dari formula shonen, tetapi ini akan terlalu banyak berbenturan dengan tiga besar dan pesaing mereka di akhir 1990-an dan 2000-an.

Dilansir dari CBR, manga shonen gaya milenial dan gen Z sukses mendefinisikan dirinya sendiri. Lengkap dengan nada yang lebih gelap dan perpaduan antara shojo dan shonen.

"Chainsaw Man siap menyerang, shonen di masa sekarang bisa bercerita tentang apa saja saat ini," tulis Shonen Jump.

Tatsuki Fujimoto memulai debutnya sebagai seorang komikus dengan menerbitkan manga Chainsaw Man di majalah mingguan Shonen Jump pada Desember 2018. Dia mengakhiri bagian pertamanya yakni Arc Koan (Keselamatan Publik) pada Desember 2020.

Bagian kedua manga berjudul Gakko-hen (School Arc) mulai terbit di layanan Shonen Jump+Shueisha pada 13 Juli 2022.

Versi adaptasi anime ditayangkan perdana di TV Tokyo dan 5 saluran afiliasi lainnya serta Amazon Prime Video pada 11 Oktober. Platform Crunchyroll menayangkan versi anime ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT