Manga Hunter x Hunter Kembali Hiatus, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

Manga Hunter x Hunter Kembali Hiatus, Ada Apa?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 29 Des 2022 15:04 WIB
Manga Hunter x Hunter
Manga Hunter x Hunter akan kembali hiatus di awal 2023 karena kondisi kesehatan mangaka Yoshihiro Togashi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah menunggu hampir empat tahun lamanya, mangaka Yoshihiro Togashi menuntaskan janjinya untuk melanjutkan manga Hunter x Hunter. Para pembaca setianya pun merasakan kegembiraan karena bisa membaca lagi kelanjutan ceritanya.

Sayangnya baru beberapa bab dan volume rilis, manga Hunter x Hunter dikabarkan akan kembali hiatus atau berhenti terbit sementara waktu. Loh, ada apa?

Departemen editorial dari penerbit Shueisha mengatakan manga Hunter x Hunter akan mulai hiatus di edisi majalah Shonen Jump berikutnya awal 2023.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan dalam majalah Shonen Jump, mereka mengatakan telah berkonsultasi dengan Yoshihiro Togashi. "Kami memutuskan bahwa manga Hunter x Hunter tidak boleh mengikuti format serial mingguan di edisi majalah berikutnya," cuit Shueisha, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (29/12/2022).

Salah satu alasan yang membuat pihak editor memutuskan hal tersebut karena kesehatan sang komikus.

"Kami mempertimbangkan kesehatan Yoshihiro Togashi," tegas pihak editor Shueisha.

Masalah kesehatan ini kerap diceritakan Yoshihiro Togashi lewat kicauan di akun Twitter pribadinya. Dia pernah mengaku susah untuk menggambar ulang satu panel komik.

"Saya butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan pengambilan ulang satu panel. Bab 398 seharusnya selesai Rabu ini, tapi belum juga kelar," cuit Yoshihiro Togashi dalam bahasa Jepang.

Selama ini, Yoshihiro Togashi terbuka mengenai masalah kesehatan yang dihadapi selama beberapa tahun terakhir. Tak lama setelah meluncurkan akun Twitter untuk menggoda kembalinya manga tersebut, dia merilis pernyataan menjelang pemerannya di Oktober.

"Saya tidak bisa duduk di kursi selama dua tahun, jadi saya juga tidak dapat menggambar. Saya juga membutuhkan waktu 3-5 kali lebih lama untuk melakukan gerakan sehari-hari," cuit Yoshihiro Togashi.

Manga Hunter x Hunter diketahui kembali terbit setelah hampir 4 tahun absen sejak November 2018. Bab terbarunya rilis di majalah Shonen Jump edisi 47 tahun ini yang terbit 24 Oktober.

Shueisha menerbitkan volume buku kompilasi manga yang ke-37 setelah juga 4 tahun vakum pada 4 November. Serial ini sukses diadaptasi ke versi anime televisi, dua film anime, dan beberapa judul lainnya.

Rencananya, manga Hunter x Hunter bakal diadaptasi ke drama panggung pada Mei 2023.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT