Nia Ramadhani Luncurkan Buku Cerita Ade, Kisah Kelam saat 'Jatuh' hingga Rehab

ADVERTISEMENT

Nia Ramadhani Luncurkan Buku Cerita Ade, Kisah Kelam saat 'Jatuh' hingga Rehab

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 28 Nov 2022 13:19 WIB
kulineran nia ramadhani
Nia Ramadhani meluncurkan novel berjudul Cerita Ade yang diterbitkan oleh Pastelbooks (Mizan Group). Foto: Instagram @ramadhaniabakrie
Jakarta -

Lepas dari lingkaran 'setan' narkoba, Nia Ramadhani meluncurkan sebuah buku berjudul Cerita Ade. Buku yang diterbitkan oleh penerbit Pastelbooks (Mizan Group) itu diluncurkan hari ini.

Cerita Ade merupakan novel pertama yang ditulis oleh Nia Ramadhani dan terinspirasi dari perjalanan hidupnya ketika masih kecil sampai terjerat dengan kasus narkoba.

Saat soft launching yang juga diselenggarakan daring, Nia Ramadhani menuturkan peristiwa yang terjadi tahun lalu itu membuat dirinya selama 10 bulan menjalani masa rehabilitasi.

"Kita semua sama-sama tahu apa yang terjadi sama saya di tahun lalu. Karena perbuatan saya, harus menjalani konsekuensi belajar di tempat ini selama 10 bulan. Masa-masa itu akan menjadi masa yang berat dan nggak nyaman, setelah saya mempelajari ini, pandangan saya jadi berubah," ungkap ibu tiga anak tersebut, seperti dilihat detikcom.

Saat menjalani masa rehabilitasi, Nia merekonstruksi segala peristiwa yang ada di dalam hidupnya. Dia berupaya untuk berpikir apa sih yang menyebabkan dirinya mengambil jalan yang salah.

Novel Cerita Ade Karya Nia RamadhaniNovel Cerita Ade Karya Nia Ramadhani Foto: Pastelbooks/ Istimewa

"Awalnya saya berpikir untuk bersenang-senang saja sampai jatuh, tapi pas di sini (rehab) saya mencoba untuk menuangkannya ke dalam tulisan buku harian. Saya dipaksa mengingat masa lalu saya, dari kecil sampai sekarang," sambungnya.

Dalam buku Cerita Ade yang sengaja digubahnya menjadi bentuk novel, ia menuangkan berbagai ilmu psikolog dan para konselor. Salah satunya, bagaimana caranya meregulasi emosi dengan baik dan mengekspresikan apa yang kita rasa.

"Gimana caranya menyampaikan yang tepat. Kalau kita tidak punya kemampuan itu, kita jatuh mengambil jalan yang salah," katanya.

"Kejadiannya terlalu besar (tahun kemarin itu), saya merasa dapat membagikan ilmu-ilmu yang saya dapat di sini," lanjut Nia.

Buku Cerita Ade yang menggandeng Pidi Baiq sebagai editor itu pun dibuatnya menjadi sebuah novel. "Apa yang saya dapatkan di sini (rehabilitasi), saya gandeng Ayah Pidi Baiq, dengan kata-kata yang lebih ringan dan mudah untuk dibaca semua orang," tegasnya.

Sinopsis dari novel Cerita Ade yang dipublikasikan oleh Pastelbooks, sebagai berikut:

Sore hari bulan Juli itu seharusnya menjadi sore yang menenangkan dan menyenangkan untuk Ade nikmati bersama ketiga anaknya. Namun, tiba-tiba tujuh polisi datang untuk menangkap Ade atas tuduhan penyalahgunaan obat terlarang. Dunia Ade seketika terasa hancur lebur. Bagaimana tidak, sebagai seorang megabintang dan istri pengusaha sukses, wajahnya akan muncul di berbagai media massa sebagai pengguna obat terlarang.

Di tengah ketakutan Ade, Arlan sang suami muncul untuk menyerahkan diri. Mereka pun harus menjalani rehabilitasi demi memulihkan diri dari obat terlarang. Ketika menjalani rehabilitasi, Ade harus membuka luka batin yang terpendam, mengingat kembali kenangan masa kecilnya yang memilukan hati.

Mampukah Ade menyembuhkan luka batin masa kecilnya, dan menata kembali kehidupannya bersama Arlan?



Simak Video "Lika-liku Kasus Sabu Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie yang Berujung Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT