Rekor! Komik Pertama Star Trek Terjual dengan Rp 723 Juta

ADVERTISEMENT

Rekor! Komik Pertama Star Trek Terjual dengan Rp 723 Juta

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 15 Nov 2022 12:20 WIB
Komik Star Trek
Foto: Istimewa
Jakarta -

Star Trek memasuki era baru untuk versi komiknya. Pekan ini, komik pertama dari Star Trek yang awalnya diterbitkan oleh Gold Key Comics pada 1967 terjual dengan harga Rp 723 juta.

Lelang yang digelar oleh Doug's Dell dan Gold Key Comics Auction pada 3 November, adalah salah satu dari 5 salinan dengan peringkat terbaik yang nilai oleh Certified Guaranty Company (CGC) 9,6. Harga jual Rp 723 juta melebihi dua kali lipat rekor sebelumnya yang terjual di 2019.

Salinan komik Star Trek volume 1 ini merupakan kemunculan pertama franchise Star Trek dalam industri komik.

Dalam volume pertama, Star Trek #1 memuat cerita The Planet of No Return yang ditulis oleh Dick Wood dan digambar Nevio Zeccara. Komik Gold Cley terkenal karena kurangnya informasi yang dibagikan komikus kepada pembaca sehingga membuat karyanya menjadi langka.

Dalam sampul komik Star Trek menggambarkan pendorong roket dan kapal yang sering mendarat di planet. Semua kru mengenakan seragam hijau dan Spock punya emosi yang jauh lebih banyak ketimbang rekannya di televisi.

"Edisi pertama merupakan tonggak penting bagi waralaba Star Trek," tulis keterangan Gold Key Comics Auction.

Penerbit Gold Key menerbitkan komik Star Trek sebanyak 61 edisi, sayangnya volume ke-62 tidak pernah diterbitkan. Serial ini berakhir pada 1979 ketika Marvel Comics memperoleh lisensi atau hak terbit dan mulai menerbitkannya.

Marvel Comics pun mulai seri komik Star Trek versi mereka, dimulai dengan adaptasi Star Trek: The Motion Picture.

Pemegang lisensi komik Star Trek saat ini adalah IDW Publishing yang baru saja meluncurkan seri Star Trek #1. Komik berjudul Star Trek: Voyager dan Star Trek: Nemesis mengungkapkan apa yang terjadi ketika Kapten Benjamin Sisko kembali ke lubang cacing tempat mereka tinggal.

Saat pelelangan yang sama, ada penjualan rekor tertinggi untuk komik dengan karakter Looney Tunes, Disney, dan Scooby-Doo. Salinan komik dan cerita Walt Disney #2 terjual dengan harga Rp 597 juta.



Simak Video "Bintang 'Star Trek' Nichelle Nichols Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT