Autobiografi Annie Ernaux Rajai Toko Buku New York

ADVERTISEMENT

Autobiografi Annie Ernaux Rajai Toko Buku New York

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 12 Okt 2022 12:45 WIB
PARIS, FRANCE - OCTOBER 06: French author Annie Ernaux gives a press conference as she wins Nobel Prize in Literature on October 06, 2022 in Paris, France. She was cited for the courage and clinical acuity with which she uncovers the roots, estrangements and collective restraints of personal memory. (Photo by Marc Piasecki/Getty Images)
Foto: Getty Images/Marc Piasecki
Jakarta -

Setelah meraih Nobel Sastra 2022, Annie Ernaux menjadi buah bibir di dunia buku internasional. Karya-karyanya kini merajai toko buku di New York dan negara bagian lainnya di Amerika Serikat.

Secara mendadak sejak memenangkan Nobel Sastra pekan lalu, novelis asal Prancis itu mendapat banyak penggemar baru. Di situs Amazon.com dan toko buku fisik di New York, beberapa judul bukunya sudah tidak tersedia lagi.

Kedutaan Besar Prancis di New York, yang menyelenggarakan acara diskusi buku-buku Annie Ernaux pun kewalahan mendapat banyak audiens. Antrean awal para peserta meluas di gedung Albertine Books di Manhattan's Upper East Side.

Annie Ernaux pun hadir berbicara mengenai karyanya, karier, dan proses penulisannya. Salah satu autobiografi yang terkenal adalah Simple Passion setebal 64 halaman dan Happening setebal 96 halaman.

Dia masih ingat betul tentang momen terkelam dalam hidupnya ketika melakukan aborsi ilegal pada 1963. Bukunya pun diadaptasi menjadi film berbahasa Prancis dengan judul yang sama.

Peraih Nobel Sastra 2022 Annie ErnauxPeraih Nobel Sastra 2022 Annie Ernaux Foto: Nobel Prize/ Istimewa

Menurut Annie Ernaux, sastra adalah satu-satunya cara untuk mencapai apa yang saya sebut sebagai kebenaran atau kenyataan.

"Ini adalah cara untuk membuat sesuatu menjadi jelas, bukan dengan cara yang sederhana, sebaliknya menulis sesuatu membuatnya lebih kompleks. Menulis juga cara saya, membuat sesuatu yang belum ada menjadi ada," ungkapnya dilansir dari AP, Rabu (12/10/2022).

Annie Ernaux dibesarkan di pedesaan Normandia, karyanya dipuji oleh tim juri Akademi Swedia karena mampu menunjukkan keberanian besar dan ketajaman klinis.

"Annie Ernaux mampu menuliskan penderitaan pengalaman kelas, menggambarkan masa lalu, penghinaan, kecemburuan, atau ketidakmampuan untuk melihat siapa kamu yang sebenarnya," kata Annie Ernaux.

Buku-bukunya juga disebut tim Nobel Sastra sebagai karya sastra yang indah dan sekarang waktunya dirayakan. Autobiografi yang ditulisnya banyak membicarakan soal pengalaman personal yang fokus membicarakan tentang dunia perempuan.



Simak Video "Novelis Abdulrazak Gurnah Raih Nobel Sastra 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT