ADVERTISEMENT

Buku Manusia Paling Dipuja di Seluruh Dunia Telisik Kehidupan Selebriti

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 22 Sep 2022 18:16 WIB
Buku Manusia Paling Dipuja Seluruh Dunia
Buku Manusia Paling Dipuja di Seluruh Dunia terbit akhir bulan ini. Foto: EA Books/ Istimewa
Jakarta -

Penerbit EA Books (Mojok Grup) merilis buku nonfiksi berjudul Manusia Paling Dipuja di Seluruh Dunia akhir bulan ini. Buku yang ditulis oleh Angga Prawadika Aji menelusuri sejarah industri selebriti.

Sang penulis mencari titik-titik penting ketika dunia selebriti menjadi sorotan media dan masyarakat. Secara khusus, dia juga melakukan riset untuk mencari tahu kapan industri seleb ini mulai menghasilkan banyak uang yang dimulai dari tren endorse artis yang menjamur.

Angga Prawadika Aji mengatakan industri selebriti menjadi ranah pusat perputaran uang.

"Pada prinsipnya, industri selebriti adalah citra dan asosiasi yang menjadi penyambung produk-produk kapitalis dengan fans sebagai pasar," katanya.

Menurut pendapatnya, selebriti bertugas untuk meminjamkan citra dirinya untuk ditempel pada brand-brand tertentu. Di titik inilah, seleb penting untuk kelangsungan sistem produksi masal kapitalisme.

"Popularitas adalah kunci, dan semua hal yang berisiko menghilangkannya diantisipasi. Namun sesekali skandal muncul dan bisa saja menyebabkan seorang selebriti tersungkur, tapi bisa juga justru mengangkatnya lebih jauh," kata Angga.

Dalam perkembangannya, seleb-seleb pun makin dipuja berdasarkan karya atau peran tertentu dalam industri hiburan. Ketika seseorang viral, media berebut untuk mengundangnya ke berbagai talkshow.

Angga meriset sejumlah nama seleb yang pernah hits namun sekarang telah meredup. Mereka adalah Norman Kamaru, Jojo dan Sinta, sampai Jeje Slebew, dan bocah Citayam lainnya.

Buku Manusia Paling Dipuja di Seluruh Dunia setebal 229 halaman itu memliki 7 bab yang bakal membongkar dunia seleb. Angga menuliskannya secara kronologis sehingga pembaca dapat membacanya secara utuh dari dunia seleb di dunia dan Indonesia.

Angga Prawadika Aji dikenal sebagai staf pengajar di Departemen Komunikasi Universitas Airlangga. Dia fokus pada kajian budaya selebriti, video game studies, dan isu-isu media terkini.



Simak Video "Gisel Hadir Sendiri di Pemakaman Ibunda Gading Marten, ke Mana Gempi?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT