ADVERTISEMENT

Tertarik Jadi Komikus? Shonen Jump Buat Aplikasi Biar Kamu Bisa Buat Manga

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 02 Sep 2022 11:48 WIB
MANGAPlus Creators
Foto: Istimewa
Jakarta -

Shonen Jump sukses dikenal sebagai salah satu penerbit manga terbesar di Jepang. Setelah meresmikan platform membaca komik yang bernama MANGAPlus by Shueisha sejak beberapa tahun lalu, Shonen Jump menyiapkan fitur lainnya.

Fitur yang dimaksud adalah aplikasi bernama Creators. Dalam aplikasi tersebut, memungkinkan pengguna yang menunggah aplikasi menerbitkan manganya sendiri dan memenangkan hadiah tertentu.

Fitur itu diumumkan oleh MANGAPlus by Shueisha pekan ini. Sebagai penerbit manga terkenal dan sukses seperti manga One Piece, Dragon Ball, dan Naruto, Shueisha tidak diragukan lagi menjadi pemimpin dari industri manga.

Aplikasi terbaru ini merupakan hasil kolabirasi dengan MediBang yang mendorong pencipta baru dari negara-negara di luar Jepang dan mampu merevolusi pasar manga. Pada 30 Agustus, MANGAPlus Creators diumumkan dalam sebuah kicauan.

"Shueisha dan MediBang adalah perusahaan Jepang yang mengembangkan perangkat lunak lukisan digital dan pembuatan manga gratis," cuit MANGAPlus.

Jika pengguna mendownload aplikasi, secara otomatis bakal mengikuti kontes yang bernama Penghargaan Bulanan dan tersedia hadiah uang tunai. Serta peluang komik yang diciptakan dalam rilis secara resmi di aplikasi MANGAPlus dan Shonen Jump+.

Shonen Jump juga menegaskan, "Pemenang penghargaan bulanan tidak akan dihitung melalui views, likes, atau favorites dari pembaca tapi penilaian dari tim editorial."

Saat ini hanya tersedia dua bahasa yakni Spanyol dan Inggris.

Shonen Jump juga mengungkapkan melalui aplikasi ini MANGAPlus Creators bisa menjadi pengubah permaianan yang lengkap dan mengalahkan platform lainnya seperti Webtoon asal Korea Selatan yang dibaca lebih dari miliaran per tahun.

"Manga Plus Creators akhirnya akan membuka jalan bagi ribuan seniman di seluruh dunia untuk menjadi mangaka yang sukses, dan melihat kreasi mereka diterbitkan oleh pemimpin industri," ungkap Shonen Jump.





Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT