ADVERTISEMENT

Siapa Anggota Terakhir Kru Bajak Laut Topi Jerami?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 10 Agu 2022 19:20 WIB
Manga One Piece chapter 1047
Siapakah anggota terakhir kru Topi Jerami? Foto: Shonen Jump/ Istimewa
Jakarta -

Setelah berbulan-bulan berdebat dan memecah fandom, mangaka Eiichiro Oda akhirnya menyelesaikan satu pertanyaan. Siapakah yang akan menjadi anggota terakhir Topi Jerami?

Selama ini, Yamato atau putri dari Kaido diduga menjadi anggota terakhir. Dia sudah sejak lama menyatakan ingin bergabung dengan kru Monkey D Luffy. Yamato pula semakin menunjukkan taringnya dan membebaskan dari ayah tirani penjahat.

Pilihan kedua ada Shogun Wano terbaru yakni Momonosuke, yang mungkin bakal bergabung dengan kru Topi Jerami. Kedua karakter itu diyakini tetap berada di Wano untuk melindungi negara dari musuh (khususnya Pemerintah Dunia) setelah Kaido pergi.

Di bab manga One Piece 1055, pertanyaan itu mengakhiri perdebatan tersebut.

Dalam bab tersebut, setelah berlayar untuk petualangan besarnya, ia mengatakan bakal mendapat kru bajak laut dari 10 anggota. Ada satu tempat lagu yang tersisa.

Ketika Laksamana Ryokugyu tiba di Wano, Momonosuke meminta agar Yamato menghindar dari pertarungan. Momo benar-benar menjadi pemimpin Wano dengan bukti tersebut, maka Yamato bakal berlayar asalkan disetujui oleh Luffy.

Yamato memuja Kozuki Oden atau ayah Momo sebagai pahlawan. Dia juga mengikuti jejaknya lewat buku harian. Yamato juga menyebut dirinya sebagai Oden dan menggunakan kata ganti laki-laki.

Kozuki Oden bergabung dengan mantan Raja Bajak Laut, Gol D Roger, dalam perjalanannya. Jadi wajar saja jika dia bakal mengikuti jejak para bajak laut termasuk Luffy.

Yamato dan Momo mewakili dua sisi berbeda dari Oden, penjelajah petualang dan penguasa tercinta, dan mereka masing-masing akan mengikuti jalan spesifik masing-masing.

Di satu sisi, Eiichiro Oda juga mengumumkan bakal mengakhiri manga One Piece dalam waktu 3 tahun lagi. Dia mengisyaratkannya saat diwawancarai oleh mangaka Detective Conan, Gosho Aoyama, yang dibagikan kepada publik saat Hari One Piece pada 21-22 Juli 2022.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT