ADVERTISEMENT

Tur Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar Bakal 'Mendarat' di Jakarta

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 22 Jul 2022 15:26 WIB
100 Tahun Chairil Anwar
Perayaan 100 Tahun Chairil Anwar bakal berakhir di Jakarta, setelah melanglang buana ke Yogyakarta dan Bali. Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta -

Festival Ruang Tengah yang diselenggarakan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) segera dibuka untuk umum pada Sabtu (23/7). Di antara rangkaian acara, ada perayaan 100 Tahun Chairil Anwar yang momentumnya bertepatan dengan festival.

Setelah dibuka di Yogyakarta dan berlanjut ke Bali, kemeriahan 100 Tahun Chairil Anwar bakal berakhir di Jakarta pada 26 Juli 2022.

General Manager GPU sekaligus ketua program Ruang Tengah, Andi Tarigan, menuturkan perayaan 100 tahun Chairil Anwar ini kami bingkai dalam acara besar Ruang Tengah yang tahun ini mengambil tema 'Membaca Asia'.

"Kami ingin mengangkat dan mendapatkan pencerahan dari berbagai karya-karya yang lahir dari Asia. Dengan upaya itu, semoga dunia perbukuan di Indonesia menemukan kembali gairahnya dan hidup 1000 tahun lagi," kata Andi Tarigan, dalam keterangan yang diterima detikcom.

Tur Puisi Konser terakhir bakal berlangsung di Gramedia Matraman, Jakarta. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahir Chairil Anwar yaitu 26 Juli 2022.

Sejumlah penulis dan band akan meramaikan acara ini. Di antaranya adalah Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Anya Rompas, dan Yoshi Fe.

Editor Senior Bidang Sastra GPU sekaligus koordinator acara Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar, Mirna Yulistianti mengatakan puisi konser ini lebih dari sekadar peringatan atas usia Chairil.

"Tapi juga untuk mengenang sumbangan penyair dan pengaruhnya untuk dunia puisi Indonesia sekarang," katanya.

Menurut Mirna, puisi-puisi Chairil Anwar terus bergema dan dibacakan sampai sekarang. Syairnya pun kerap ada di kaos, mural, bak truk, sampai media sosial.

"Ini menunjukkan puisi Chairil Anwar tak lekang oleh zaman," tegasnya.

"Tur konser puisi ini juga menjadi perayaan karya yang paling dirayakan oleh seluruh pembaca Indonesia dari masa ke masa," papar Mirna.

100 Tahun Chairil Anwar dirayakan GPU mulai dari acara 'Sebuah Ziarah' ke makam sang penyair di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat pada 28 April. Penerbit juga mencetak ulang dengan sampul edisi khusus, pembaca puisi bersama para penulis dan pembaca, serta bedah buku secara daring.



Simak Video "Dihajar Kasus Penipuan, Jedar: Trauma dan Kapok"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT