ADVERTISEMENT

100 Tahun Chairil Anwar, Puisi Konser Digelar di 3 Kota

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 13 Jul 2022 10:05 WIB
100 Tahun Chairil Anwar
Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar digelar di 3 kota, mulai dari Yogyakarta, Bali, dan Jakarta. Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta -

Tahun 2022 menjadi momentum berharga bagi penyair besar, Chairil Anwar. Merayakan 100 Tahun Chairil Anwar, penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) menggelar beberapa acara, salah satunya adalah Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar di tiga kota yakni Yogyakarta, Bali, dan Jakarta.

Acara yang menggabungkan antara syair puisi milik Si Binatang Jalang dan musik itu bakal diselenggarakan pertama kalinya di kota Yogyakarta pada 14 Juli. Sejumlah penyair dan musisi turut meramaikan, ada Joko Pinurbo, Ni Made Purnama Sari sampai Eka Kurniawan.

Grup musik Melancholic Bitch bakal menggubah puisi Chairil menjadi lagu. Setelah Yogyakarta, Puisi Konser bakal berlanjut ke Gramedia Galeria di Bali dengan grup musik Navicula yang direncanakan tampil.

Editor bidang Sastra GPU sekaligus koordinator Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar, Mirna Yulistianti menuturkan acara ini bukan sekadar peringatan atas usia Chairil.

"Tapi juga dibuat untuk mengenang sumbangan penyair dan pengaruhnya untuk dunia puisi Indonesia di masa sekarang," ucap Mirna dalam keterangan yang diterima detikcom.

Puisi-puisi Chairil Anwar selama ini terus dibacakan dan ada dalam setiap ranah bahkan truk terbuka dan media sosial.

"Ini menunjukkan puisi Chairil memang tak lekang oleh zaman sekaligus merupakan karya yang paling dirayakan oleh seluruh pembaca di Indonesia dari masa ke masa," sambung Mirna.

Setelah Yogyakarta dan Bali, Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar bakal berakhir di Gramedia Matraman, Jakarta pada 26 Juli. Hari itu merupakan hari lahirnya dari penyair Aku tersebut.

Sejumlah penulis bakal hadir merayakan di antaranya adalah Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Anya Rompas sampai Yoshi Fe.

Putri Chairil Anwar, Evawani, juga direncanakan untuk menghadiri rangkaian Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar. Nantinya, acara yang terbatas untuk 200 orang bakal membacakan satu puisi Chairil secara serempak.



Simak Video "Dihajar Kasus Penipuan, Jedar: Trauma dan Kapok"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT