Chairil Anwar, Sosok Berpengaruh di Dunia Sastra Indonesia

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 10 Mei 2022 10:10 WIB
Chairil Anwar
Foto: Ilustrasi: Ivon
Jakarta -

Chairil Anwar menjadi penyair terkemuka Indonesia yang puisi-puisinya melegenda. Sumbangan kepada dunia sastra Tanah Air membuat bahasa Indonesia kian dikenal pada masanya.

Putri Chairil Anwar dan Hapsah, Evawani Alissa, menuturkan sosok ayahnya itu memberikan sumbangan kepada bahasa Indoensia.

"Di tangan Chairil, bahasa Indonesia menjadi sangat bertenaga untuk menggugah siapapun yang membaca puisinya," katanya kepada detikcom, belum lama ini.

Pengaruh nama Chairil Anwar pun diakuinya masih lantang terdengar sampai sekarang. Hal itu terasa pada puisi-puisinya yang diterbitkan ulang oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

"Masih dapat ditemukan pada puisi-puisi yang terbit pada hari ini," kata Evawani.

"Bagaimana Chairil memberikan 'pondasi' bagi penyair-penyair Indonesia setelah masanya, rasanya itu pantas dihargai," sambungnya.

Setelah pembacaan puisi sampai doa di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, saat hari puisi nasional, gaung Chairil Anwar bakal tetap ada.

"Tentu saja bangga dan gembira karena karya-karya Chairil terus dibaca dan dirayakan oleh generasi pembaca sekarang," ungkap Evawani Alissa.

Evawani memang tidak ingat betul sosok ayahnya ketika masih hidup. Chairil Anwar meninggal saat dia berusia dua tahun.

Tapi dari cerita ibunya, Hapsah, itulah ia mengenal sosok pelopor puisi modern tersebut. Salah satu cerita yang diingat betul oleh Evawani tentang ayahnya mengenai 'panggilan'.

"Ibu pernah bercerita, sewaktu beliau saya mengandung saya, Chairil pernah bilang, nanti jika anak ini lahir, jangan minta dia memanggil saya ayah, panggil saja dengan nama saya, Chairil," sambungnya.

Seabad Si Binatang Jalang dirayakan dengan berbagai acara sepanjang tahun. Mulai dari April sampai Juli 2022, bakal ada cetak ulang sampul edisi khusus, pembacaan puisi bersama para penulis dan pembaca sampai bedah buku.



Simak Video "Riuh ReVeluv Teriakkan Fanchant ke Red Velvet di Allo Bank Festival 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)