ADVERTISEMENT

Sosok Ini Bongkar Scientology, Agama Banyak Artis Hollywood

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 14 Jul 2022 13:36 WIB
Mike Rinder
Mike Rinder, sosok yang membongkar misteri agama Scientology yang dianut sejumlah artis Hollywood. Foto: Istimewa
Jakarta -

Seluk beluk Scientology selama ini masih menjadi misteri. Sejumlah aktris dan aktor Hollywood juga disebut menjadi anggota penting Scientology dan bertahan selama puluhan tahun.

Sosok di balik buku memoar A Billion Years: My Escape from a Life in the Highest Ranks of Scientology, Mike Rinder, membongkar apa itu Scientology. Bukunya dijadwalkan terbit pada 27 September 2022.

Lewat memoarnya, Mike Rinder mampu membongkar segala misteri Scientology. Kini ia mengaku sebagai mantan Scientology dan telah keluar dari ajaran yang membuatnya terjerat selama 50 tahun lamanya.

Dia diketahui memegang banyak posisi dalam Scientology, mulai dari juru bicara sampai Kepala Kantor Urusan Khusus, divisi yang menerima kritikan. Sepanjang hidupnya, Mike Rinder selalu berkutat dengan sekumpulan ajaran yang dikembangkan oleh L Ron Hubbard tersebut.

Scientology diketahui berdiri di Amerika Serikat pada 1952. Scientology dikembangkan sebagai filosofi pertolongan diri yang bernama Dianetika.

Setelah 50 tahun mengabdi dalam ajaran Scientology, Mike Rinder yang berprofesi sebagai ilmuwan memutuskan untuk mengundurkan diri pada 2017.

Dia sekarang menjadi seorang Podcaster bersama co-host Leah Remini dalam acara bertajuk Scientology and the Aftermath. Podcast-nya masuk dalam nominasi Emmy Awards 2022.

Dalam media sosialnya, Mike Rinder mempromosikan buku memoar yang ditulisnya.

"Saya akhirnya menulis sebuah buku. Terbit pada 27 September," cuit Mike Rinder seperti dilihat detikcom.

Mike Rinder mengatakan ada banyak pertanyaan tentang apa itu Scientology dan misteri di dalamnya. "Saya menjawabnya satu per satu dan juga merekam dalam versi buku audio, yang juga terbit pada 27 September," sambung cuitannya.

Sebelumnya Mike Rinder saat menjadi juru bicara Scientology pernah membantah tuduhan publik yang menyatakan ada seorang anggota yang melakukan pelecehan fisik secara berulang. Dia menegaskan tuduhan itu tidak benar.

Penerbit Gallery Books (Simon & Schuster) mengatakan memoar seorang mantan Scientology selama 50 tahun ini menawarkan wawasan yang berbeda.

"Dia menawarkan pengetahuan dan cerita yang hanya diberikan oleh seorang yang berasal dari posisi tertinggi. Cerita yang mengerikan sekaligus membuatmu takjub," tukas penerbit.



Lihat juga Video: PN Surabaya Sahkan Nikah Beda Agama, Ma'ruf Amin: Tidak Boleh

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Momen Arsy Hermansyah Dipanggil Song Joong Ki untuk Foto Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT