ADVERTISEMENT

Rekor! Manga Spin-Off Golgo 13 Laku 300 Juta Eksemplar

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 13 Jul 2022 16:19 WIB
Manga Golgo 13
Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Golgo 13 kembali dibicarakan setelah penciptanya, Takao Saito, meninggal dunia pada 2021 lalu. Kini cetakan manga spin-off Golgo 13 dikabarkan laku mencapai 300 juta kopi. Wah!

Kabar itu dibagikan oleh Shogakukan mengenai spin-off Golgo 13 karya Gunsmith Dave. Dia diketahui meluncurkannya di Big Comic Zokan pada Juli 2022, dan mengakhiri musim pertamanya di 17 Mei.

"Versi cetakan volume pertama bakal tersebar secara menyeluruh pada 30 September 2022," tulis keterangan Shogakukan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022).

Dalam komik tersebut, sang protagonis melakukan pekerjaan yang tidak terlihat dan membuatnya bangga. Ia merupakan salah satu orang yang dipercaya oleh Duke Togo.

Takao Saito meninggal pada September 2021. Golgo 13 dikenal sebagai manga tertua yang masih terbit sampai sekarang.

Shogakukan mengumumkan sebelum kematian sang mangaka Takao Saito ingin komiknya tetap berlanjut tanpa dirinya. Kelompok seniman Saito Production pun terus menggambar dengan bantuan dari tim departemen Majalah Big Comic Shogakukan serta tim penulis naskah tambahan.

Takao Saito meluncurkan Golgo 13 di Majalah Big Comic Shogakukan pada 1968. Manga ini memecahkan Rekor Dunia Guiness untuk volume paling banyak yang diterbitkan dalam satu seri manga.

Pada 5 Juli 2021, ketika volume baru kompilasi ke-201 terbit di Jepang, angka penjualannya pun fantastis.

Rencana penerbitan spin-off kedua ini menyusul kesuksesan dari sebelumnya Gunsmith Dave yang terbit pada Juli 2021. Manga ini mengakhiri musim pertama pekan lalu.



Simak Video "Kang Ki Young Batal ke Bali Bareng Pemain 'Extraordinary Attorney Woo'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT