Keren! Manga Ciptaan Naoki Urasawa Laku 140 Juta Kopi di Dunia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 05 Jun 2022 10:46 WIB
Karya Naoki Urasawa
Manga ciptaan Naoki Urasawa. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Nama komikus Naoki Urasawa adalah salah satu mangaka Jepang yang dikenal sampai sekarang. Dia juga dikenal sebagai pencipta terpopuler di industri komik sejak awal dekade 1980-an.

Pekan ini, situs resmi Dengeki Online melaporkan penjualan manga Naoki Urusawa yang laku sebesar 140 juta kopi di seluruh dunia.

"Naoki Urusawa adalah salah satu mangaka yang masih eksis dan berkarier sampai sekarang. Ratusan juta cetakan manganya yang laku sebesar 140 juta sebuah pencapaian," tulis keterangan situs Dengeki Online.

Naoki Urusawa telah menggambar dan menciptakan komik sejak tahun 1981. Penerbit VIZ Media merilis manga berjudul 20th Century Boys, 21st Century Boys, Monster, dan Pluto dalam bahasa Inggris dan sukses besar.

Manga Monster sukses menginspirasi menjadi serial anime televisi yang tayang setahun pada 2004. 20th Century Boys juga diadaptasi jadi film live action pada 2008.

Yawara! A Fashionable Judo Girl juga menginspirasi serial anime pada 1989-1992, dan anime spesial di 1996. Sebuah proyek anime tentang manga Pluto juga sedang dikerjakan sekarang.

Baru-baru ini, dia baru menerbitkan manga Mujirushi-Le signe des reves (The Sign of Dreams) yang berakhir di 2018. Dia meluncurkan Asadora! manga pada Oktober 2018. Viz Media merilis manga yang sedang berlangsung dalam bahasa Inggris.

Karya-karyanya pun mendapatkan rilis digital. Pada November 2021, penerbit Shueisha merilis manga pendek one-shot yang berjudul Dr Toguro Dokuro no Saigo di Grand Jump.

Naoki Urusawa debut sebagai komikus pada 1983 dengan karya berjudul BETA!! Dia memegang rekor sebagai pemenang terbanyak dalam ajang Shokakugan Manga Award untuk penghargaan General Manga of the Year, sebanyak tiga kali untuk manga Yawara!



Simak Video "Komikus Legendaris DC dan Marvel, George Perez Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)