ADVERTISEMENT

Makassar International Writers Festival Kembali Digelar 23-26 Juni 2022

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 02 Jun 2022 13:33 WIB
Makassar International Writers Festival 2022
Foto: Istimewa
Jakarta -

Perhelatan akbar Makassar International Writers Festival (MIWF) kembali diselenggarakan tahun ini. Di tengah situasi transisi dari pandemi ke endemi, MIWF rencananya bakal digelar pada 23-26 Juni 2022.

"Kami sangat senang mengungkapkan karya seni festival yang terinspirasi dari tanah kami sendiri yang kaya dan megah: Bantimurung, kerajaan kupu-kupu," tulis keterangan MIWF, seperti dilihat detikcom.

Seniman asal Italia Valeria Puzzovio yang menggambar untuk ilustrasi dan poster. Dia berbicara soal pembebasan dan kelahiran kembali dalam karya seninya untuk MIWF 2022.

"Setelah pandemi, saatnya telah tiba untuk hidup kembali dan mewujudkan impian kita," kata Valeria.

Kupu-kupu dari Taman Nasional Bantimurung, Maros dipilih untuk mewakili harapan yang muncul dari jiwa kita. MIWF kini menjadi festival sastra terbesar dan tertua di wilayah Indonesia Timur.

MIWF digerakkan oleh Rumata Artspace, sebuah komunitas independe yang ada di Makassar. Di dalam komunitas, ada sutradara Riri Riza bersama dengan penulis dan peneliti Lily Yulianti Farid.

Sejak 2011, MIWF telah digelar dan telah menjadi festival sastra bergengsi di Asia. Lily Yulianti Farid mengatakan dalam sebuah sesi diskusi festival sastra di Makassar perlu dibuat untuk menggerakkan ruang bagi bertumbuhnya gerakan kebudayaan Makassar.

"Setelah saya diundang ke berbagai festival seperti di Amsterdam dan Ubud, Makassar perlu adanya festival sastra dan buku," katanya.

Cita-citanya bermula dari menghadirkan festival berkualitas dan menjadi sebuah identitas dari Makassar. Dari semangat itulah, MIWF didirikan dan masih eksis sampai sekarang.

MIWF juga membuka ruang bagi masyarakat yang tidak memiliki latar belakang kesenian atau sastra sekalipun, untuk turut terlibat, baik sebagai penggerak maupun penikmat dalam MIWF.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Foto dengan Latar Warna-warni Taman Bunga, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT