ADVERTISEMENT

Manga Boruto 70: Jutsu Mata Cyborg Ada Terungkap!

Tia Astuti - detikHot
Minggu, 22 Mei 2022 14:38 WIB
Manga Boruto 54
Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Boruto: Naruto Next Generations chapter 70 resmi terbit pada 20 Mei 2022 di situs resmi MangaPlus Shueisha. Rilis sebulan sekali, penggemar manga yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto akhirnya membaca kelanjutan ceritanya.

Di manga Boruto, Masashi Kishimoto terus mengembangkan mitologi jutsu dari Saga Naruto. Kini di chapter terbaru, ada satu lagi jenis jutsu mata. Wah!

Arc cerita Boruto sekarang mengenalkan ancaman baru karena kehadiran dua cyborg yang begitu kuat berasal dari Organisasi Kara. Mereka adalah Code dan Ada, yang kekuatannya disebut luar biasa.

Ada memiliki clairvoyance atau memungkinkan dia melihat peristiwa yang terjadi di masa depan dan telah terjadi sepanjang hidupnya.

Di manga Boruto 70, Code dan Ada meluncurkan serangan mendadak ke desa Konohagakure menggunakan teleportasi Code. Penyergapan itu sebenarnya adalah jebakan, Shikamaru dan mantan ilmuwan Kara, Amado, sedang menunggu Code untuk menyerang.

Shikamaru memilih untuk menjaga situasi dengan mengunci dirinya saat Code, Ada, dan Amado berada di sebuah ruangan. Saat Naruto menggedor pintu dan mencoba masuk, Amado mengungkapkan kekuatan yang dimiliki Ada dan mengapa Naruto perlu waspada.

Saat gadis cyborg itu mengeluarkan jutsu aneh di mata kirinya, Amado menjelaskannya kepada Shikamaru.

"Itu Senrigan. Dia bisa melihat apa yang terjadi di mana saja di dunia. Lebih jauh lagi itu tidak terbatas pada kejadian saat ini. Pada umumnya, dia juga bisa melihat kejadian masa lalu. Artinya kamu tidak bisa menyembunyikan apapun darinya," jelas Amado.

Senrign menjadi jutsu mata lainnya dalam Saga Naruto. Sebelumnya, ada dojutsu Sukunahikona dari Isshiki Otsutsuki atau pemimpin Kara yang telah mata, dan sebagian dirinya berada di tubuh Boruto.

Kekuatan itu memungkinkan Isshiki mengecilkan dirinya sendiri atau benda mati yang dilihatnya. Dia pun bisa mengembalikannya ke ukuran semula secara spontan dan kini kekuatannya telah melewati Kawaki melalui kebangkitan Karma.

Boruto juga diketahui telah membawa misteri Jogan di mata kanan yang terikat dengan DNA Otsutsuki yang kini menguasai tubuhnya.

Penasaran membaca keseluruhan cerita manga Boruto 70? Baca selengkapnya di platform resmi MangaPlus Shueisha dan ada terjemahan bahasa Indonesia.

(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT