Komikus yang Hidupkan Batman Meninggal di Usia 80 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 30 Apr 2022 17:29 WIB
Komikus Neal Adams
Komikus Neal Adams meninggal dunia di usia 80 tahun. Foto: Getty Images/Chris J Ratcliffe
Jakarta -

Kabar duka menimpa industri komik Amerika Serikat. Komikus yang dikenal mempopulerkan kembali Batman dan superhero lainnya dengan gaya fotorealistik, Neal Adams, meninggal di usia 80 tahun.

Neal Adams meninggal di kediamannya New York, Kamis (28/4/2022) pekan ini karena komplikasi dari sepsis. Kabar duka itu disampaikan oleh istrinya Marilyn Adams, seperti dilansir dari The Hollywood Reporter.

Pada dekade 1960-an, nama Neal Adams menggemparkan dunia komik AS dengan karakternya yang berotot sebagai superhero pertama di DC bernama Deadman. Dia pun bergabung dengan Marvel Comics dengan karakter X-Men dan Avengers.

Lalu kembali berkecimpung di DC Comics dan mempopulerkan kembali Batman dengan versinya sendiri. Selama menerbitkan komik Batman, Neal Adams dan penulis Dennis O'Neil membawa perubahan revolusioner di dunia komik.

Dia membuat gaya realisme, kinetikisme, dan satire dalam karakter-karakter superhero. Bahkan Neal Adams membuat villain terbaru untuk Man-Bat, Ra's al Ghul, serta putrinya Talia, yang menjadi kekasih Batman.

Dalam sebuah wawancara, dia juga mengaku membuat karakter Joker yang gila dalam semesta Batman.

"Tanpa cerita klasik komik The Joker's Five-Way Revenge tahun 1973 di serial Batman Nomor 251, komik seperti The Killing Joke dan penggambaran Jack Nicholson, Heath Ledger, dan Joaquin Phoenix tidak akan ada," ungkapnya dalam wawancara di artikel Vulture, pada 2019.

"Bukan rahasia lagi bahwa kami melakukan Batman dengan benar," kata Adams dalam sebuah panel di San Diego Comic-Con pada 2010.

"Seolah-olah ingatan tentang DC Comics sejalan dengan pernyataan yang dibuat oleh Denny dan saya. Dan begitulah cara kami mengingat - apakah itu benar atau tidak - bahwa Batman seharusnya. Dan ketika kami melakukannya, semua orang berkata, 'Ah, itu saja. Kami tidak perlu komedi lagi," pungkasnya.

Gaya menggambar Neal Adams dalam komik turut mempengaruhi generasi muda lainnya. Dia pun membuat superhero kulit hitam pertama DC, Green Lantern atau John Stewart.



Simak Video "DC Comics Kalah, 'Superman' Milik Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)