ADVERTISEMENT

2 Salinan Komik Superman #1 Dilelang Rp 3 Miliar, Minat Beli?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 25 Apr 2022 17:50 WIB
Komik Superman #1
Komik DC Superman #1 dilelang sampai Rp 3 miliar. Foto: Heritage Auctions/ Istimewa
Jakarta -

Dua salinan asli dari serial komik DC Superman #1 yang tidak direstorasi saat ini tengah dilelang. Rumah Balai Lelang Heritage Auctions mengumumkannya melalui akun Twitter pribadinya.

"Dua salinan asli komik Superman #1 yang tidak direstorasi dari koleksi Palos Verdes sekarang tersedia di Heritage Auctions. Lelang keduanya dijadwalkan berakhir pada Kamis, 12 Mei 2022," cuit Heritage Auctions, seperti dilihat detikcom, Senin (25/4/2022).

Lembaran komik Superman #1 yang diterbitkan oleh DC Comics berasal dari tahun 1939. Sertifikat kualitasnya dinilai 5 oleh CGC dan warnanya sudah semakin putih dan memudar.

Salinan ini tidak dipulihkan atau diperbaiki. Heritage Auctions menyebutnya lembaran komiknya sulit didapatkan .

Komik superhero Superman dijual di kios koran di negeri Paman Sam hampir setahun setelah penampilan pertamanya di Man of Steel dalam serial Action Comics #1. Popularitasnya semakin meroket sehingga DC memutuskan untuk menerbitkannya secara solo.

Serial komik Superman #1 saat ini berada di peringkat ketiga teratas. Serta menjadi komik langka dalam daftar Top 100 Golden Age Comics Overstreet.

Co-creator Superman #1 dikenal menjadi salah satu komikus paling terpenting dalam industri komik AS. Menurut keterangan Heritage Auctions, komiknya sengaja tidak direstorasi karena kelangkaannya.

"Sampul belakang Superman menampilkan garis putus-putus yang tidak diragukan lagi memang dibuat seperti itu. Sampulnya juga memakai kertas di masa perang yang diklaim itu adalah kertas bersejarah," tulis Heritage Auctions.

Dua salinan langka komik Superman #1 dijadwalkan berakhir pada 12 Mei. Kedua lembaran komik tersebut, saat ini harga penawaran tertinggi senilai Rp 3 miliar.

Sebelumnya, lembaran komik Superman yang mati dalam seri The Death of Superman dilelang senilai Rp 7,3 miliar. Penjualan juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun yang ke-30 dari The Death of Superman.

Serial komik The Death of Superman menampilkan salah satu bagian cerita paling bersejarah sepanjang DC. Peristiwa Superman yang meninggal dunia menjadi cerita paling terkenal sampai sekarang.

Cerita ini juga mengenalkan pembaca ke Doomsday atau salah satu villain DC Comics paling terkenal di mata penggemar.

The Death of Superman fokus pada pertarungan brutal antara penjahat mengerikan dan Man of Steel. Plotnya telah dibuat tak hanya menjadi proyek di luar komik saja.



Simak Video "Ilustrator Komik Superman Biseksual Dapat Ancaman Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT