Orang-Orang Bloomington Karya Budi Darma Akhirnya Rilis dalam Bahasa Inggris

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 16:11 WIB
Buku Kumcer Orang-orang Bloomington Karya Budi Darma Akan Terbit di Amerika Serikat pada 2021
Foto: Noura Publishing/ Istimewa
Jakarta -

Sepeninggal sastrawan Budi Darma pada 21 Agusus 2021, karya-karyanya masih dibaca oleh penggemarnya di penjuru Indonesia. Budi Darma yang juga dikenal sebagai guru besar di FPBS Universitas Negeri Surabaya memiliki satu warisan terbesar sepanjang kariernya yakni buku kumpulan cerpen (kumcer) Orang-Orang Bloomington.

Orang-Orang Bloomington terbit perdana pada 1980 dan Noura Publishing merilisnya ulang di 2015. Sejak saat itu, hak cipta berada di bawah naungan grup besar Mizan Pustaka.

Bulan ini, terjemahan bahasa Inggris dari Orang-Orang Bloomington yang diterjemahkan Tiffany Tsao dan dirilis Penguin Classics resmi terbit. Kabar itu dibagikan oleh Noura Publishing melalui media sosial mereka.

"Kabar yang terbaru Orang-Orang Bloomington karya sastrawan terkemuka kita, Budi Darma bulan ini juga terbit bahasa Inggris-nya melalui penerbit Penguin Classics," tutur CEO Noura Publihing, Pangestu Ningsih, seperti dilihat detikcom, Rabu (20/4/2022).

"Kita tahu Penguin Classics adalah imprint dari penerbit terbesar di dunia, Random House. Jadi bangga juga Noura bisa ikut mengantarkan karya fenomenal Pak Budi Darma ini ke kancah sastra dunia," sambungnya.

Berita mengenai penerjemahan Orang-Orang Bloomington sudah tersiar sejak akhir 2020. Saat itu, melalui literary agency Jacaranda, Noura Publishing yang mewakili karya-karya Budi Darma menandatangani kontrak penerbitan dengan Penguin Classics.

Lewat buku kumcer Orang-orang Bloomington, Budi Darma berhasil menyabet penghargaan S.E.A. Write Award dari Pemerintah Thailand pada 1984.

Orang-orang Bloomington menceritakan tentang satu aspek kehidupan dari sekian banyak aspek lain di kota Bloomington, negara bagian Indiana, Amerika Serikat. Budi Darma menulisnya saat menjadi mahasiswa di Universitas Indiana pada dekade 1970-an.

Penerjemah kumcer Budi Darma, Tiffany Tsao, adalah orang yang mengenalkan karya tersebut kepada Jacaranda selaku co-agent Noura Publishing agar bisa diterjemahkan dan rilis dalam bahasa Inggris.

Jayapriya Vasudevan dari Jacaranda mengatakan mengenalkan kembali kumcer terbaik dari Budi Darma merupakan kehormatan bagi mereka.

"Jacaranda Literary Agency sangat senang bisa merepresentasikan karya Budi Darma. Merupakan sebuah privilege bagi kami karena telah diberi amanah berupa karya penulis yang sangat dikagumi di Indonesia," pungkasnya.

Selain kumcer Orang-Orang Bloomington, Budi Darma juga menerbitkan novel Olenka (1983), Raflus (1998), dan Ny Talis (1996), dan karya-karya lainnya.



Simak Video "Sorak Sorai NCTzen Kala NCT Dream Bawakan 'Glitch Mode'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)