'Berapa Harga Nyawa Hari Ini?' Rangkum 23 Cerita Perjalanan Eko Triono

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 14 Apr 2022 10:20 WIB
Buku Kumcer Berapa Harga Nyawa Hari Ini? Karya Eko Triono
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sastrawan Eko Triono segera menerbitkan buku kumpulan cerpen terbarunya yang berjudul Berapa Harga Nyawa Hari Ini?. Diterbitkan oleh penerbit Shira Media asal Yogyakarta, ada 23 cerpen yang dibuatnya sejak 2019 sampai sekarang.

Ke-23 cerpen mengisahkan tentang banyak hal dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari cerita personal hingga menyangkut isu sosial, ekonomi, pendidikan, politik, dan kesehatan.

Beberapa cerita dalam kumpulan cerpen ini ditulis dengan guyon satire khas Eko Triono yang mungkin bagi pembacanya merupakan hal yang tak asing lagi. Eko Triono juga sering membuat cerita-cerita dengan gaya eksperimental yang semakin membuat penasaran.

Tapi sebagian besar cerpen yang ditulisnya lebih ke permasalahan kesehatan khususnya ketika situasi pandemi melanda Indonesia.

Eko Triono mengatakan cerpen Berapa Harga Nyawa Hari Ini? sebenarnya terinspirasi dari keseharian manusia.

Buku Kumcer 'Berapa Harga Nyawa Hari Ini?' Karya Eko TrionoBuku Kumcer 'Berapa Harga Nyawa Hari Ini?' Karya Eko Triono Foto: Istimewa

"Sering kali bertanya berapa harga sembako hari ini? Berapa harga bahan makanan hari ini? Berapa harga hal-hal tertentu hari ini? Sebetulnya itu semuanya untuk bagaimana manusia bertahan hidup untuk menyambung dalam tanda petik nyawa mereka," katanya dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (14/4/2022).

Menurut Eko Triono, buku kumpulan cerpennya merupakan sebuah karya yang personal dan tak biasa.

"Buku ini berisi cerita-cerita sebagaimana sering kali kita bercerita ke orang lain adakalanya ceritanya pendek, kadang kala ceritanya panjang, kadang kala persoalan personal, kadang persoalan sosial, ekonomi, politik yang semuanya sebetulnya bagaimana cara saya berbagi cerita dengan pembaca," katanya.

Nama Eko Triono dikenal melanglang buana di berbagai surat kabar, majalah, maupun media online. Cerita pendeknya kerap masuk ke berbagai media massa Indonesia.

Buku kumcer Berapa Harga Nyawa Hari Ini? rencananya bakal terbit pada April 2022.



Simak Video "BTS Bakal Temui Joe Biden di Gedung Putih, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)