Sampul Komik Batman yang Robek Dilelang Rp 37,2 Juta

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 17 Mar 2022 19:24 WIB
Sampul Komik Batman
Foto: Comic Connect
Jakarta -

Penampilan pertama superhero di komik selalu mendapat perhatian kolektor. Superhero Marvel maupun DC kerap menjadi incaran bagi para pencinta setianya.

Lelang di Comic Connect secara resmi ditutup tadi malam. Penampilan pertama Batman itu bukan hanya edisi penuh karya Bill Kane dan Bill Finger yang ikonik, tapi yang dilelang adalah sampul depan.

Data dari CGC menegaskan hanya ada 36 total salinan seri Detective Comics yang telah dinilai oleh perusahaan dengan angka 9,2. Angka tersebut terbilang bagus untuk sebuah komik langka.

Salah seorang penggemar Batman mengatakan ada banyak hal yang membuat karakternya disukai para kolektor. Matt Reevs menuturkan Gotham menjadi salah satu aspek terpenting dalam cerita.

"Batman adalah detektif terhebat di dunia," katanya.

Menurutnya, kehebatan dari komik Batman terletak pada latar kota Gotham. Gotham yang korupsi, ingin diubah oleh Bruce Wayne. Ia ingin mencoba dan membuat perubahan," sambung Matt Reeves.

Dia juga mengatakan karakter Bruce Banner yang terhambat emosional ketika di usia 10 tahun melihat pembunuhan orang tuanya.

Sampul Komik BatmanSampul Komik Batman Foto: Comic Connect

"Saya pikir dia membayangkan bahwa jika dia bisa melakukan ini, entah bagaimana dia bisa membalikkan apa yang terjadi, yang tidak akan pernah bisa dibalik. Ini adalah dorongan yang sangat manusiawi, bukan?" katanya.

Sebelumnya, sampul komik Batman laku terjual senilai Rp 30,9 miliar yang berasal dari tahun 1940. Rekor ini belum pernah terjadi sebelumnya dan menjadi karya seni termahal.

Heritage Auctions di Dallas, Texas, melaporkan salinan komik Batman yang kondisinya dalam keadaan baik itu terjual dengan angka Rp 30.9 miliar. Komik itu pun menjadi judul Batman yang pernah terjual di lelang.

Batman No. 1 pun dengan mudahnya memecahkan rekor lelang dunia yang sebelumnya dipegang oleh Detective Comics No.27 (1939) yang sebelumnya laku terjual Rp 21 miliar pada November 2020.

Komik Batman volume pertama itu ditulis oleh Bill Finger dan digambar ilustrator Bob Kane. Gambar sampul yang mencolok itu menampilkan Batman dan Robin yang tengah berayun bersama-sama di langit kota Gotham.

Dalam halaman komiknya menceritakan legenda di balik kisah asli Batman. Komik itu juga menandai kemunculan awal Joker dan Catwoman (yang kemudian disebut dengan panggilan The Cat).



Simak Video "Robert Pattinson Dikonfirmasi Kembali Bintangi Sekuel 'The Batman'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)