ADVERTISEMENT

Duh! Satpam Didakwa Curi Komik Langka Senilai Rp 1,4 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Senin, 14 Feb 2022 10:37 WIB
Komik Batman
5.000 Komik langka dicuri oleh seorang satpam di AS. Foto: Istimewa
Jakarta -

Pencurian bisa terjadi di mana saja termasuk perpustakaan di kawasan Florida, Amerika Serikat. Seorang satpam perpustakaan ditangkap karena diduga mencuri sekitar 5.000 komik langka, totalnya mencapai Rp 1,4 miliar.

Kepala keamanan di Universitas Negeri Florida itu kasusnya masuk ke meja hijau. Beberapa judul komik yang merupakan koleksi perpustakaan adalah judul-judul dari Marvel Comics, DC Comics, dan Disney yang berasal dari terbitan dekade 1950-an hingga 1970-an.

Ada juga publikasi dari majalah komik langka lainnya. Komik-komik langka itu disumbangkan ke Perpustakaan Strozier oleh Robert M. Ervin Sr. dan Frances Anne pada 1981. Termasuk berbagai komik langka yang merinci sejarah dunia novel grafis, koleksi tersebut termasuk di antara barang-barang termahal yang dimiliki oleh sekolah.

Kasus bermula dari laporan pihak kampus, kepala keamanan yang bernama Todd Peak itu mencuri 4.996 komik langka dari koleksi pada 2020. Polisi percaya bahwa dia menjual banyak komik yang hilang selama dua tahun terakhir.

Ada dugaan, dia menjualnya ke kolektor pribadi dan toko buku komik di Crawfordville, Wilde Comics and Gaming. Peak telah didakwa dengan pencurian bertahap lebih dari Rp 1,4 miliar, penipuan, menangani properti curian, dan penjualan properti curian di internet.

Di dalam perpustakaan, komik langka itu berada dalam lemari yang digembok dan terdapat pagar rantai. Lantaran berprofesi sebagai kepala keamanan perpustakaan, ia punya akses ke salah satu kunci.

Setelah pencurian terjadi, tersangka dilaporkan menggunakan papan pesan online untuk berkomunikasi tentang penjualan komik langka yang telah dicuri. Banyak pembeli mulai memperhatikan bahwa komik yang terdaftar di Peak memiliki banyak kesamaan dengan koleksi Perpustakaan Strozier.

Saat ini, polisi telah menemukan 2.843 komik yang cocok dengan komik sekolah tersebut.Sekitar Juni 2020, Peak diyakini telah menerima ribuan dolar untuk komik yang diduga dijualnya.

Peak sebelumnya memposting di berbagai halaman Facebook bahwa ia ingin mengurangi ukuran koleksi buku komiknya, mengungkapkan banyak judul yang sama dengan yang dilaporkan hilang. Komik khusus berisi Mickey Mouse edisi Jerman dan masalah Batman yang langka.

Detektif menemukan bahwa Peak juga telah menggunakan perusahaan yang dikenal untuk menilai kondisi komik yang berharga. Polisi juga mengakses riwayat pencarian Google Peak, menemukan bahwa dia telah melakukan 448 pencarian mengenai nilai harga komik curian antara April 2020 dan Januari 2021.



Simak Video "Marvel Studios' "She-Hulk: Attorney at Law": Cara Menulis Naskah Film dari Komik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT