ADVERTISEMENT

Demon Slayer hingga One-Punch Man, Manga Terlaris di Amerika Utara

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Mar 2022 11:25 WIB
Manga Berserk
Manga Berserk Foto: Istimewa
Jakarta -

Industri manga telah tumbuh selama bertahun-tahun di Jepang dan mancanegara. Penjualannya pun mampu mendongkrak waralaba terbesar di dunia anime.

Sejak pandemi melanda, ada banyak berbagai cerita dan peringkat baru dalam franchise tersebut. Menurut situs ICv2, sepanjang periode September sampai Desember 2021, ada 10 manga terlaris yang laku terjual di Amerika Utara.

Kawasan Amerika Utara menjadi salah satu pangsa pasar manga terbesar selain Asia Tenggara. Dilansir dari berbagai sumber, posisi pertama ditempati oleh Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Posisi berikutnya ditempati oleh One-Punch Man, Attack on Titan, Berserk yang dikenal sebagai manga tertua yang terbit di Jepang, manga horor Jepang Junji Ito, Jujutsu Kaisen, Jojo's Bizarre Adventure, Toilet-Bound Hanako Kun sampai Chainsaw Man.

Situs resmi tersebut juga menyebutkan ada beberapa penyebab yang membuat ke-10 manga tersebut best seller.

Misalnya saja, Berserk yang mencuat naik usai kematian tragis sang penciptanya, Kentaro Miura. Komikus yang sejak dekade 1950-an menerbitkan Berserk itu tetap melanjutkan ceritanya meski ditinggal Kentaro Miura.

Banyak pembaca yang masih penasaran dengan kisah dari Guts, Griffith, Casca, dan Band of the Hawk.

Cerita horor Junji Ito juga tetap terpopuler di ranah manga, meski tidak semua ceritanya diadaptasi ke anime. Tapi master of horor Jepang ini juga sukses menyentuh hati pembaca di Barat, fansnya juga bersiap untuk kedatangan adaptasi anime Uzumaki.

Pasar manga juga tidak terlepas dari anime. Baru-baru ini, Crunchyroll dan Funimation mengumumkan merger mereka, Netflix pun terus mengklaim tayangan eksklusif seperti Beastars dan JoJo's Bizarre Adventure, serta HBO Max punya tayangan eksklusif buat Studio Ghibli.



Simak Video "Kreator Manga Yu-Gi-Oh! Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT