ADVERTISEMENT

Sepeninggal Kentaro Miura, Manga Berserk Volume 41 'Mendarat' di AS

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 26 Des 2021 07:05 WIB
Manga Berserk
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketika mangaka Kentaro Miura meninggal pada 6 Mei, kabar kematiannya trending topic di dunia termasuk Indonesia. Para pencinta manga sedih dengan kepergian pencipta Berserk tersebut.

Sepeninggal sang komikus, manga Beserk volume 41 yang memuat bab terakhir yang ditulis oleh Kentaro Miura segera diterbitkan di Amerika Serikat dan Prancis pada pertengahan 2022.

Ini adalah volume pertama dari seri tersebut sejak meninggalnya Kentaro Miura 'mendarat' di negeri Paman Sam. Volume ke-41 sudah terlebih dahulu rilis di Jepang akhir bulan ini.

Sejak awal rencana penerbitan volume ke-41 beredar, iklan satu halaman penuh untuk volume tersebut muncul di surat kabar The New York Times, Le Monde Prancis hingga Asahi Shimbun Jepang.

Meski kabar bahagia itu telah dibagikan, namun staf editorial dari Majalah Young Animal Hakusensha mengatakan masa depan Berserk belum diputuskan.

"Kami belum tahu kelanjutan dari manga Beserk. Namun kami berterima kasih kepada pembaca setia Berserk yang masih membacanya sampai sekarang," tulis staf editorial, dilansir dari Asahi Shimbun.

Pada September 2021, staf editorial mengatakan hal yang sama. "Tidak ada informasi untuk dibagikan tentang masa depan manga Berserk ciptaan Kentaro Miura untuk saat ini. Tapi prioritas staf selalu yang utama untuk ditempatkan padanya," ucapnya.

Sebelum meninggal, Kentaro Miura menggambar ilustrasi khusus. Gambarnya pun dicetak di volume 41 tersebut.

Kentaro Miura meninggal pada 6 Mei setelah sakit diseki aorta akut yang diidapnya. Dia tutup usia di umur 54 tahun. Dia menggarap manga Berserk sejak tahun 1988 di majalah bulanan Comicomi Hakusensha.

Manga Berserk disebut sebagai komik Jepang terpanjang yang pernah terbit dan belum berakhir. Serial ini memiliki lebih dari 40 juta eksemplar yang beredar. Dark Horse Comics memiliki lisensi untuk merilisnya di Amerika Utara sejak 8 Oktober 2019.

Berserk menginspirasi serial menjadi anime di tahun 1997, trilogi film dari tahun 2012 hingga 2013.



Simak Video "Aksi Musisi Tanah Air Semarakkan Jakarnaval 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT