ADVERTISEMENT

Manga Terjual Dua Kali Lipat di AS

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 04 Mar 2022 15:02 WIB
Manga One Piece
Foto: Istimewa
Jakarta -

Data membahagiakan diterima oleh industri manga. NPD BookScan melaporkan penjualan manga di Amerika Serikat meningkat lebih dari dua kali lipat di pengecer yang dilacak.

Dalam situs NPD BookScan tercaatat 24,4 juta unit manga terjual pada 2021, yaitu sekitar 15 juta judul yang terjual. Tingkat pertumbuhannya pun naik sebesar 160 % dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka tersebut meningkat tajam setelah melibatkan My Hero Academia dan kemungkinan jumlah manga yang terjual lebih besar gegara manga tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, wakil presiden penjualan penerbitan VIZ Media, Kevin Hamric mengatakan penjualan tahun ini terjadi dalam kerangka waktu yang sama ketimbang tahun lalu.

"Manga menyumbang 25 % dari keseluruhan pertumbuhan industri buku di AS tahun lalu," katanya.

Toko buku ritel seperti Books a Million dan Barnes and Noble mendedikasikan lebih banyak ruang untuk manga. Bahkan toko buku Hamric juga melakukan hal yang sama.

Penjualan manga cetak di Amerika Utara juga mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada 2020. Menurut analisis penjualan manga cetak berdasarkan survei informasi dari NPD BookScan, Diamond Comic Distributors, Comic Hub, dan sumber lainnya.

Pasar manga Amerika Utara hanya di bawah US$250 juta pada tahun 2020. Pasar komik Amerika Utara secara keseluruhan mencapai level tertinggi baru US$1,28 miliar pada tahun 2020.

Penjualan versi cetak dan bokset backlist menjadi faktor kuat dalam penjualan tahun ini.

Sebelumnya terjadi penurunan sangat panjang yang terjadi antara tahun 2008-2012 karena beberapa faktor. Misalnya saja krisis keuangan global, kebangkrutan toko buku sampai penurunan tayangan anime di televisi.

Sejumlah judul manga yang menyumbang angka penjualan tertinggi di antaranya ada One Piece, My Hero Academi, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Jujutsu Kaisen sampai Boruto: Naruto Next Generations.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT