Manga Klasik Hayao Miyazaki Akhirnya Rilis dalam Bahasa Inggris

ADVERTISEMENT

Manga Klasik Hayao Miyazaki Akhirnya Rilis dalam Bahasa Inggris

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Feb 2022 12:35 WIB
Manga klasik karya Hayao Miyazaki
Foto: Istimewa
Jakarta -

Nama Hayao Miyazaki tidak lepas dari berdirinya Studio Ghibli di Jepang. Banyak yang mengenal sang sutradara dengan karya anime.

Tapi selama beberapa dekade ke belakang, Hayao Miyazaki tak hanya menggarap anime saja namun juga membuat manga. Manga klasik Hayao Miyazaki kini terbit dalam bahasa Inggris.

Manga berjudul Shuna's Journey diterbitkan oleh penerbit First Second dan novel grafis yang membawa petualangan Shuna. Pembaca Amerika Serikat sekarang bisa membaca ceritanya untuk pertama kalinya.

Penerjemah Alex Dudok de Wit ditugaskan untuk mengawasi penerjemahannya. Ini adalah proyek penghormatan kepada komik emonogatriari yang populer di Jepang sejak 30 tahun yang lalu.

Mark Siegel dipercaya sebagai direktur kreatif dan editorial terjemahan.

"Penggemar Putri Mononoke dan Nausicaa dari Lembah Angin, ada jutaan dari kita," tulis keterangan Mark Siegel, dilansir dari berbagai sumber.

"Pembaca akan senang menemukan petunjuk awal dari karya agung ini di halaman cat air yang indah dan dibuat oleh Hayao Miyazaki sendiri," sambungnya.

Shuna's Journey mengisahkan tentang Pangeran Shuna yang harus meninggalkan desanya untuk menyelamatkan tanah air dan rakyatnya dari kehancuran.

Selama petualangannya, sang pangeran bertemu orang-orang dari semua lapisan masyarakat termasuk dua budak, meninggalkan dia untuk menegosiasikan kebutuhan rakyatnya serta teman-teman barunya.

Perjalanan Shuna awalnya diterbitkan pada 1983, butuh hampir 40 tahun untuk sampai ke Amerika Serikat. Tetapi jika Anda bertanya kepada penggemar Miyazaki, mereka akan setuju bahwa penantian itu tidak sia-sia.

Dilahirkan di Bunkyo, Tokyo, Hayao Miyazaki menyatakan minat pada manga dan animasi sejak usia dini. Ia bergabung dengan Toei Animation pada 1963.

Selama tahun-tahun awalnya di Toei Animation, ia bekerja sebagai seniman dan bekerja sama dengan sutradara Isao Takahata. Film-film terkenal yang kontribusi Hayao Miyazaki di Toei termasuk Doggie March, dan Gulliver's Travels Beyond the Moon.

Filmnya Spirited Away (2001) menjadi film terlaris tertinggi dalam sejarah Jepang, memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik (Oscar) di Academy Awards ke-75.



Simak Video "Sutradara Andi Bachtiar Buka Suara Usai Dituding Tampar Kru"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT