ADVERTISEMENT

Pencipta Gundam Raih Penghargaan Sebagai Orang Paling Berjasa di Jepang

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 28 Okt 2021 14:38 WIB
Robot Gundam setinggi 18 meter dan berat 25 ton bisa bergerak.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemerintah Jepang mengumumkan kabar bahagia bagi penggemar Gundam. Pencipta Gundam Yoshiyuki Tomino dan komikus manga The Star of Cottonland Yumiko Shima serta 19 orang lainnya menerima anugerah kebudayaan Jepang sebagai orang paling berjasa tahun ini.

Dilansir dari Anime News Network, Kamis (28/10/2021), Yoshiyuki Tomino menciptakan dan menyutradarai anime Mobile Suit Gundam pada 1979. Dia memulai debutnya di Mushi Production milik Osamu Tezuka dan bekerja dalam anime televisi Astro Boy.

Sejumlah anime sukses disutradarainya. Di antaranya ada Zeta Gundam, Gundam ZZ, Char's Counterattack, Gundam F91, Victory Gundam, Turn a Gundam sampai Gundam: Reconguista in G.

Yoshiyuki Tomino mengaku tak percaya berhasil menerima penghargaan kebudayaan di Jepang. Dia pun tak menyangka Gundam sampai terkenal di seluruh dunia.

Sama halnya dengan komikus Yumiko Shima yang berterima kasih karena menerima penghargaan tersebut.

Dia pertama kali menerima telepon dari Dinas Kebudayaan Jepang dan mengira adalah penipuan telepon. Usai menerima telepon, ia menggambar potret diri untuk memperingati penghargaan tersebut.

Yumiko Shima memulai debut manga Wata no Kuni Hoshi di Majalah Lala Hakusensha pada 1978 dan mengakhirinya di 1987. Manga ini memenangkan penghargaan bergengsi Kodansha di 1978.

Salah satu karakter yang paling dikenalnya adalah catgirl. Dia pun menggambar seri manga Gou-Gou Datte Neko De Aru yang berlangsung lama.

Sejumlah manga lainnya juga sukses melambungkan namanya, seperti serial Cher Gou-Gou membuatnya memenangkan penghargaan budaya Tezuka Osamu ke-12 pada 2018.

Sebelumnya, penghargaan kebudayaan Jepang juga pernah diberikan kepada pencipta manga dan anime Leiji Matsumoto, mangaka Shigeru Mizuki, sutradara anime dari Studio Ghibli Hayao Miyazaki, desainer game Nintendo Shigeru Miyamoto, dan juga komposer Gundam Shigeaki Saegusa yang menerimanya di 2020.



Simak Video "Ada Robot Mirip Gundam di Jepang Bisa Bantu Perbaikan Listrik "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT