ADVERTISEMENT

Tantangan Tulis Novel Remaja yang Nggak Sekadar Roman Picisan

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 20 Feb 2022 14:26 WIB
Erisca Febriani
Erisca Febriani Foto: Pribadi/ Istimewa
Jakarta -

Sejak hadirnya novel Dilan karya Pidi Baiq, satu per satu novel remaja bermunculan. Karakter kuat sepasang kekasih pun menjadi idola masa kini yang diadaptasi dari berbagai novel tersebut.

Erisca Febriani muncul melalui novel Dear Nathan dan menghadirkan karakter Nathan dan Salma. Karakter itu sukses diadaptasi ke layar lebar sampai trilogi.

Penulis asal Lampung yang memulai kariernya dengan menerbitkan novel Dear Nathan itu mengaku ada banyak hal dari dunia remaja yang bisa dikulik. Bukan sekadar romansa dan cinta-cintaan.

"Remaja itu juga salah satu fase mengalami depresi. Gimana loh saat remaja nggak punya teman buat cerita atau remaja mau cerita ke teman tapi takut," kata Erisca Febriani saat wawancara virtual, belum lama ini.

Menurut penuturan Erisca, ada banyak remaja yang takut mengungkapkan masalah mereka maupun konflik yang terjadi di luar rumah. Sama halnya dalam novel terakhir Dear Nathan yang tak bisa mengejar mimpi karena tidak punya privilege seperti anak-anak lain.

"Tergantung kita semua mau apa nggak ambil isu itu, karena ada banyak ide dan dunia remaja itu lebih luas," tambahnya.

Hal yang sama juga diungkap oleh Nadhifa Allya Tsana atau akrab disapa Rintik Sedu. Penyair muda yang terkenal lewat karya-karya dalam Podcast itu mengatakan ada banyak isu remaja yang bisa diangkat.

"Kita nggak apa-apa banget menulis yang relate (dengan dunia remaja)," katanya.

"Menurutku ada banyak banget isu-isu yang nggak kebahas sama penulis dengan genre pembaca dewasa lainnya. Makanya yang cuma di highlight soal isu cinta-cintaan, masih banyak lainnya yang perlu dibahas," sambung Rintik Sedu.

Rintik Sedu dikenal melalui siniar di Podcast yang menarasikan kisah-kisah percintaan hingga patah hati. Siniarnya menjadi nomor satu di platform Spotify dan di industri buku sukses melahirkan tujuh novel.

Sedangkan Erisca Febriani memulai debutnya lewat novel Dear Nathan saat ditulisnya saat masih duduk di bangku SMA. Dear Nathan sukses diadaptasi oleh RAPI Films dan Screenplay Films yang melahirkan trilogi film dan buku.



Simak Video "Cerita Penulis Rintik Sedu yang Digandeng Sapardi Djoko Damono"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT