Dibaca RM BTS, Buku The Other Side of Things Versi Indonesia Segera Terbit!

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 09 Feb 2022 20:26 WIB
Buku The Other Side of Things Versi Bahasa Indonesia Segera Terbit Februari 2022
Buku The Other Side of Things versi bahasa Indonesia segera terbit pada Februari 2022. Foto: Penerbit Shira Media/ Istimewa
Jakarta -

Para personel BTS diketahui gemar membaca buku, salah satunya adalah RM. Salah satu buku yang dibaca oleh RM berjudul The Other Side of Things versi bahasa Indonesia bakal terbit di Indonesia pada Februari 2022.

Buku The Other Side of Things yang ditulis oleh Ahn Kyuchul diterbitkan oleh penerbit asal Yogyakarta, Shira Media.

"Bukunya laris di Korea Selatan berkat dibaca oleh RM BTS dan di-posting di akun Weverse-nya," tulis keterangan Shira Media, seperti dilihat detikcom, Rabu (9/2/2022).

Ahn Kyuchul diketahui merupakan seorang perupa dan akademisi asal Korea Selatan. Dia dikenal sebagai seniman kontemporer multi disiplin yang meneliti hubungan timba balik antara obyek dan simbol, serta manusia dan fungsi seni.

Pada Mei 2021, RM BTS posting tentang kutipan dari buku The Other Side of Things di akun Weverse. Dalam kutipan yang di-posting, Ahn Kyuchul berbicara tentang bagaimana kita menjadi gelisah dan kesepian tidak seperti di sekitar kita.

Mungkin kita harus mengambil catatan dari alam dan belajar bagaimana menjadi puas dengan kesendirian.

"Ketika kita memikirkan hal-hal yang menunggu waktu dalam keheningan seperti batu karang melawan alam yang kejam, betapa cemasnya kita. Betapa kecilnya ketidaksabaran kita sehingga kita tidak bisa diam sejenak untuk mengisi kekosongan setiap saat dengan sesuatu. Saya harap ini akan menjadi tahun ketika saya belajar untuk malu bahkan dengan keluhan karena sendirian dan kesepian atau tertekan, atau bahwa hidup itu bermakna atau tidak," bunyi kutipan yang diunggah oleh RM BTS soal buku The Other Side of Things.

RM merenungkan kutipan-kutipan tersebut karena saat pandemi, dia belajar bagaimana menerima kesendirian. Jarak sosial dan lockdown membuat dia tidak bisa berhubungan dengan ARMY lebih sering seperti dahulu.

Kutipan itu pun diunggah balik oleh ARMY di jagat Twitter. Buku The Other Side of Things versi bahasa Korea pun terjual habis dalam waktu singkat.

Buku The Other Side of Things Versi Bahasa Indonesia Segera Terbit Februari 2022Buku The Other Side of Things Versi Bahasa Indonesia Segera Terbit Februari 2022 Foto: Penerbit Shira Media/ Istimewa

Penerbitnya Hyundai Literature berbicara gara-gara RM BTS mereka mendapatkan pesanan melebihi batas sampai kewalahan. Bahkan tidak bisa segera mencetak bukunya sesuai pesanan.

Buku The Othe Side of Things menampilkan kumpulan esai yang ditulis sang seniman tentang obyek, bentuk, sikap, dan pemikirannya tentang kehidupan. Ia menuliskannya dalam bahasa sederhana di luar dunia seni, tulisan esainya telah ditulis sejak Januari 2014.

RM BTS diketahui menunjukkan kepeduliannya terhadap buku dengan menyumbangkan 100 juta ke MMCA saat hari ulang tahunnya. Efek RM juga meluas ke museum, bahkan dia terlihat beberapa kali mengunjungi pameran seni salah satunya pameran Hernan Bass di Space K Seoul di Magok-dong yang membuat 10 ribu orang mendatangi saat pekan pertama pembukaan.



Simak Video "RM Buka Suara Mengenai Rumor BTS Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)