Rekor Lagi! Komik Debut Superman Laku Rp 45,5 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 18 Jan 2022 11:25 WIB
Jakarta -

Setelah halaman komik yang menampilkan penampakan Spider-Man laku terjual Rp 48 miliar, kini giliran komik DC. Action Comics No.1 yang berasal dari tahun 1938 dan menandai kemunculan pertama Superman itu laku terjual Rp 45,5 miliar.

Halaman komik yang menandai kemunculan pertama Superman itu kini menjadi komik termahal ketiga sepanjang masa.

Pekan lalu, salinan Action Comics No.1 melampaui harga prediksi awalnya untuk sebuah komik di balai lelang. Dalam halamannya, Jerry Siegel dan Joe Shuster mengenalkan dunia kepada sosok pahlawan Superman.

Komik ini juga menandai sejarah pentingnya dunia komik di Amerika karena memunculkan genre superhero. Salinan khusus komik DC ini juga disebut sebagai salinan roket karena gambar di sampulnya.

Di sampul komik tersebut, ada stempel roket yang diletakkan di sana oleh anak berusia 13 tahun yang membeli terbitan tersebut. Pada 1938, anak kecil itu membelinya dari sebuah kios yang menjual koran dan majalah.

Goldin pemilik barang koleksi membeli salinan atas nama pribadi. Dilansir dari The Hollywood Reporter, dia mengatakan sejak awal Action Comics No.1 akan menjadi lelang termahal yang pernah ada.

"Sangat menyenangkan untuk menawar dan memenangkan item senilai Rp 45,5 miliar ini. Saya tahu ini kan menjadi pelelangan yang hebat," cuit Ken Goldin dari Goldin setelah memenangkan pelelangan.

Salinan Action Comics No.1 atau The Rocket Copy dinilai dalam kondisi 6.0 oleh CGC, layanan yang mengotentifikasi kondisi komik.

Edisi Action Comics lainnya juga dinilai 8,5 dengan harga yang tak kalah fantastis yakni Rp 40 miliar pada April 2021 dan Agustus 2014 dengan angka tak jauh berbeda.

Superman adalah salah satu superhero DC Comics yang sukses diadaptasi ke layar lebar. Salah satu adaptasi filmnya adalah Man of Steel yang diperankan oleh Henry Cavill yang berperan sebagai Clark Kent/ Superman.

(tia/wes)