Janji Anies Baswedan Terbitkan Novel Remy Sylado

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 18 Jan 2022 08:24 WIB
Sastrawan Remy Sylado
Remy Sylado tengah dioperasi hernia pagi ini. Foto: Remy Sylado/ Facebook
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji bakal membiayai seluruh pengobatan sastrawan Remy Sylado selama sakit. Kini novelis Ca Bau Kan: Hanya Sebuah Dosa itu sedang menjalani operasi hernia di RSUD Tarakan pagi ini.

Setelah operasi dan kondisinya segera membaik, ada janji lain yang bakal dituntaskan oleh Anies Baswedan. Hal itu terungkap ketika Anies Baswedan menjenguk di kediaman sang sastrawan pada Jumat (14/1) sore.

"Pas kemarin jenguk, Pak Gub janji akan membantu penerbitan novel Remy Sylado. Judulnya Brower," ucap istri Remy Sylado ketika dihubungi detikcom.

Tapi sayangnya jalan cerita novel Brower itu masih ada di dalam benak Remy Sylado. Saat ini, dia sama sekali belum mengetik naskahnya.

"Kan belum bisa mengetik ya selama ini. Jadi memang sudah ada jalan cerita di dalam pikirannya. Cuma belum tertuang dalam tulisan. Mudah-mudahan ya (setelah sembuh nanti)," lanjut Emmy.

Menurut Emmy, saat Anies Baswedan menjenguk pun sudah diberikan nasihat agar Remy Sylado semangat berjuang melawan rasa sakitnya. Serta berkeinginan untuk segera pulih seperti sedia kala lagi.

"Makanya harus sehat dulu, harua bisa duduk dan mengetik. Agar jadilah itu naskah," sambungnya.

Sebelum dioperasi dan menjalani perawatan di RSUD Tarakan, Remy Sylado terkena stroke yang ketiga kalinya. Pada Oktober 2020, Remy Sylado dirawat di rumah sakit karena stroke.

Desember 2020, kondisi Remy Sylado membaik dan disuruh pulang untuk menjalani akupuntur dengan listrik.

"Dokter suruh pulang karena COVID-19 lagi tinggi-tingginya, dokter suruh pulang untuk menjalani akupuntur dengan listrik. Sudah dijalani selama dua bulan tapi terus berhenti. Disuruh kirim fisioterapi dari rumah sakit, sekali datang Rp 250 ribu, itu selama dua bulan," sambungnya.

Tapi karena terkendala biaya, Remy Sylado pun berhenti menjalani fisioterapi. Sejak saat itu, sudah tidak pernah berobat ke dokter maupun rumah sakit.

"Nggak pernah minum obat juga. Saya hanya kasih obat-obatan herbal sampai akhirnya Mas Jose bilang nanti Pak Gub mau datang menjenguk ke rumah. Akhirnya saya ceritakanlah apa adanya ke Pak Anies, 'Kapan terakhir berobat?' Saya bilang Desember 2020," kata Emmy.

Dua bulan lalu, lanjut Emmy, Remy Sylado pun mengeluhkan sakit di bagian kandung kemih ketika mau buang air kecil atau buang air besar. Ternyata dugaan mereka pun benar.

Remy Sylado mengidap penyakit hernia dan harus dioperasi pagi ini.

"Doakan ya, rencananya jam 8 pagi. Mudah-mudahan kondisinya membaik," tukasnya.



Simak Video "Kala Anies Jadi Sasaran Selfie Wisudawan UGM Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)