ADVERTISEMENT

Dee Lestari Belum Move On dari Rapijali 3, Sebut Ceritanya Lebih Kompleks

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 15 Jan 2022 12:35 WIB
Dee Lestari Terbitkan Novel Rapijali 2: Menjadi
Dee lestari belum bisa move on dari Rapijali 3 Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa
Jakarta -

Dee Lestari sukses menerbitkan novel ketiga dari seri Rapijali. Bagian penutup dari kisah tentang Ping itu resmi rilis akhir Desember 2021 dan disambut meriah oleh para penggemar setianya.

Kini ketiga novel yang naskahnya terpendam puluhan tahun itu sudah rampung. Janji Dee Lestari pun sudah dituntaskan secara maksimal dalam novel trilogi.

Dee Lestari mengatakan belum bisa move on atau pindah ke lain dari menyelesaikan naskah Rapijali 3.

"My heart is full (Hati saya senang sekali). Saya dibuat gagal move on setelah menyelesaikan membaca buku ini. I love this book (Saya suka novel ini)," tulis Dee Lestari di akun Insagram pribadinya, seperti dilihat detikcom.

Novelis Aroma Karsa itu mengatakan sejak awal menggarap Rapijali, dia sudah menerka-nerka apa yang bakal terjadi kepada para karakter. Alurnya dibuat sehalus mungkin.

Namun di novel ketiga, lanjut Dee, ceritanya lebih kompleks. Ada banyak penyebabnya.

[Gambas:Instagram]



"Buku ketiga ini lebih kompleks, penyatuan keping-keping kehidupan Ping. Ternyata berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu itu luar biasa susah. Aku belajar dari Ping untuk selflove, and to remember, kesempatan itu perlu dan penting," katanya.

Dee Lestari mengatakan sudah menggarap naskah Rapijali 3 selama 161 hari kerja dan 127.870 kata. Jumlah kata yang ada di dalam novel Rapijali 3 mengalahkan rekor buku tertebal lainnya yang pernah digarapnya.

Di novel Supernova 6: Intelektual Embun Pagi (IEP) hanya ada 113 ribu kata. Aroma Karsa juga lewat dari pencapaian Dee saat itu hanya 107 ribu kata.

Naskah Rapijali merupakan manuskrip tertua Dee Lestari yang terpendam selama 27 tahun lamanya. Cerita itu sempat terbengkalai di gudang dan dihidupkan Dee awal tahun 2021.

Awalnya Rapijali berjudul Planet Ping dan ditulisnya ketika masih duduk di bangku SMA. Demi membangkitkan naskah yang lama terpendam itu, ia merombak segalanya mulai dari alur cerita, latar, karakter sampai judul karya.

Usai menyelesaikan novel Rapijali 3, Dee Lestari pun membuat buku soundtrack dan menggandeng sejumlah musisi kenamaan Indonesia. Mulai dari Maudy Ayunda, Bunga Citra Lestari sampai Iwan Fals.



Simak Video "Sosok Reza Gunawan Di Mata Afgan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT