Manga Hunter x Hunter Hiatus 3 Tahun, Apa Bakal Berlanjut?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 03 Jan 2022 15:04 WIB
Manga Hunter x Hunter
Manga Hunter x Hunter apa akan kembali terbit setelah 3 tahun hiatus? Foto: Istimewa
Jakarta -

Serial anime Hunter x Hunter punya banyak penggemar di dunia. Namun sayangnya serial terpaksa terhenti karena versi manga mengalami hal yang sama.

Manga Hunter x Hunter sudah hiatus selama 3 tahun lamanya tepat pada 26 November 2021. Chapter terakhir yang terakhir dirilis pada 2018. Sejak saat itu, penggemar berada di tebing dan masih menanti kelanjutan serialnya.

Yoshihiro Togashi menulis dan menggambar manga Hunter x Hunter sejak Maret 1998. Komik ciptaannya pertama kali terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan rilis sebanyak 390 bab atau 36 volume cetak.

Mangaka Togashi yang menulis dengan penulis Sailor Moon, Naoko Takeuchi di tahun 1999, saat itu mengatakan penyebab hiatus adalah masalah kesehatan.

Dalam sebuah wawancara, Togashi pernah mengeluhkan deadline yang terus menerus mengejarnya setiap minggu. "Hal itu cukup melelahkan," katanya.

Setiap bab, dia harus menggambar sekitar 10 halaman, bahkan lebih. Setiap pekan, dia juga harus memikirkan kelanjutan cerita Hunter x Hunter.

Togashi juga pernah menuturkan manga Hunter x Hunter tidak seperti anime maupun manga Jepang lainnya, yang bisa diperpanjang tiada henti. Sejak 2006, dia diketahui mengalami depresi.

Di tahun yang sama dengan perilisan Hunter x Hunter, dia juga diketahui membuat Yu Yu Hakusho namun serial itu sudah selesai terbit.

Kabarnya, tekanan dari editor Shonen Jump dan pembaca membuatnya lelah dan tertekan untuk segera menyelesaikannya. Sepertinya hal yang sama juga menimpa karya Hunter x Hunter.

Manga Hunter x Hunter menceritakan tentang pemburu berkeliling dunia mencari makhluk yang menakutkan di tanah yang belum dijelajahi. Gon Freecss adalah anak muda yang naif dan bercita-cita bergabung untuk menemukan ayahnya yang hilang.

Ging, seorang master dari profesi itu sendiri. Untuk mencapai tujuannya, ia mengambil bagian dari ujian Hunter. Serangkaian tes yang mendorong peserta ke batas fisik dan mental mereka, dengan lisensi Hunter sebagai hadiahnya.

Selama ujian, Gon berteman dengan Kurapika yang pendendam, calon dokter Leorio, dan pembunuh terampil Killua yang masuk karena alasan mereka sendiri.

Kelanjutan cerita tersebut masih terhenti sampai sekarang. Tampaknya pembaca dan penonton serial Hunter x Hunter harus menunggu lebih lama lagi untuk menunggu cerita selanjutnya.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)