Mangaka Inuyasha Raih Penghargaan Komik Bergengsi di AS

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 02 Jan 2022 17:33 WIB
Komikus Ranma 1/2 dan Inuyasha
Mangaka Inuyasha Raih Penghargaan Komik Bergengsi di AS. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Mangaka sekaligus pencipta Inuyasha hingga Ranma 1/2 mendapat penghargaan komik bergengsi di AS, Harvey Awards Hall of Fame. Pengumuman ini sudah dibagikan sejak Oktober lalu.

Penghargaan Harvey telah diberikan sejak 1988, tapi Hall of Hame melantik para penerimanya sejak 2017. Sejauh ini hanya satu mangaka yang telah dilantik, yakni Osamu Tezuka.

Rumiko Takahashi bergabung dengan perusahaan legendaris dengan caranya sendiri. Dia telah memenangkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah Eisner Hall of Fame.

VIZ Media sebagai salah satu perusahaan penerbitan komik-komiknya turut merayakan anugerah yang diterima sang komikus.

Di Twitter, VIZ Media membagikan ucapan selamat atas pencapaian Rumiko Takahashi baru-baru ini. Cuitan ini disertai dengan foto penghargaannya dan setumpuk karya yang melambungkan namanya tersebut.

"Rumiko Takahashi terus bersinar terang, dan kini dia merasa terhormat di lantai ke dalam Hall of Fame Harvey Awards. Selamat, Takahashi sensei," cuit VIZ Media, seperti dilihat detikcom.

Rumiko Takahashi menciptakan Inuyasha, Ranma 1/2, Urusei Yatsura, Rin-Ne, Mao, Mermaid Saga, dan Maison Ikkoku. Dia juga telah menulis banyak manga pendek lainnya.

Karya-karyanya populer di seluruh dunia dan berpengaruh besar pada generasi manga yang lebih besar. Sebagian besar karya-karyanya adalah manga seinen dan shonen. Maison Ikkoku diterbitkan pada 1980 dan sukses besar sampai 1987.

Serial manga terpopulernya adalah Ranma 1/2 terbit dari 1987-1996, Inuyasha pada 1996-2008, dan Rin-ne di 2009-2017. Semuanya diadaptasi menjadi serial anime yang diterima dengan baik.

Serial manga Rumiko Takahashi yang sedang berlangsung saat ini adalah Mao, yang mulai diserialisasikan dan terbit di majalah mingguan Shonen Jump pada 2019. Sejauh ini telah mencapai sepuluh volume.

(tia/mau)