ADVERTISEMENT

Paulo Coelho Ternyata Senang Buku-bukunya Dibajak

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 17 Des 2021 13:37 WIB
Paulo Coelho
Paulo Coelho berkicau kalau senang novel-novelnya dibajak. Loh kok bisa? Foto: Paulo Coelho/ Fanpage
Jakarta -

Menjadi seorang penulis terkenal tak membuat sosok Paulo Coelho sombong. Jika semasa pandemi, novelis The Alchemist itu menyediakan buku-buku digital secara gratis kepada pembaca setianya, kini ada berita lainnya.

Dalam salah satu unggahan terbaru di linimasa Twitter, Paulo Coelho mengatakan senang jika buku-bukunya dibajak.

"Orang-orang menyebutnya edisi 'bajakan'. Bagi saya, ini adalah suatu kehormatan, cara jujur bagi pemuda ini untuk menghasilkan uang," cuit Paulo Coelho, seperti dilihat detikcom.

Dalam cuitan yang kontroversial tersebut, Paulo Coelho mengunggah foto seorang pemuda yang memakai topi cokelat sedang menjajakan buku-buku yan mau dijualnya.

Deretan buku yang dijual oleh pemuda itu ada biografi Malala Yousufzai, novel The Fault in Our Stars karya John Green sampai novel-novel Paulo Coelho.



Cuitan itu telah disukai lebih dari 42,3 ribu dan di-retweet mencapai 4.400 orang. Sebagaian komentar heran dengan pernyataan sang novelis.

"Di India, sebuah buku tidak menjadi laris kalau versi bajakannya bisa terjual banyak di jalanan," ungkap @NisKay.

"Lalu, kamu mendukung pembajakan?" tanya akun lainnya.

"Di negara-negara miskin lainnya, pembajakan adalah salah satu cara untuk mengakses kebudayaan," ItchyTasty.

"Semua orang suka dengan buku yang ditulis oleh #PauloCoelho," timpal lainnya.

Novelis asal Brasil dikenal sebagai penulis yang konsisten berkarier. Ketika kecil, Paulo Coelho ingin menjadi penulis tapi ditentang oleh orang tuanya sampai dijebloskan ke dalam rumah sakit jiwa.

Pengalaman berada di rumah sakit jiwa dituliskan ke dalam novel Veroniva Decides to Die. Pada 1974, dia pun masuk ke dalam bui karena tulisannya menentang pemerintahan yang berkuasa.

Kisah-kisah yang ditulis Paulo Coelho menceritakan tentang empati, iman, keyakinan, dan harapan. Lewat karyanya, Paulo Coelho seakan mengajak pembaca agar tetap tenang, melihat segala sisi baik, dan melangkah maju.



Simak Video "Sahabat Sebut Hilman Hariwijaya Sempat Alami Stroke Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT